Categories: General

Bahaya Kurang Tidur Jangka Panjang

Tidur merupakan suatu keharusan bagi manusia, bahkan semua makhluk hidup membutuhkan tidur dimalam hari. Tidur memiliki peranan penting bagi tubuh kita. Karena pada saat tidur tubuh melakukan perbaikan baik secara fisik atau mental untuk kembali ke kondisi semula, sehingga ketika kita bangun pagi keesokan harinya, tubuh akan terasa segar, tenaga pulih dan dapat beraktivitas kembali.

Pada Anak-anak dan remaja, tidur membantu proses tumbuh kembang anak, terutama pada anak remaja, karena pada saat tidurlah tubuh mengeluarkan hormon pertumbuhan. Karena itu tidak baik bagi anak-anak dan remaja bila kurang tidur. Pada umumnya manusia membutuhkan waktu tidur yang normal 7-8 jam setiap hari nya. Bila kurang dari jumlah tersebut, biasanya akan berpengaruh pada kondisi tubuh manusia sendiri sehingga tubuh akan terasa lelah saat bangun, sering menguap, dan sulit untuk konsentrasi.
Bagi sebagian orang, begadang dimalam hari merupakan hal yang biasa. Hal ini biasanya karena tuntutan profesi yang mengharuskan terjaga setiap malam seperti sekuriti, tenaga medis, dll
Atau banyak nya pekerjaan yang harus diselesaikan bagi yang bekerja di kantor, mengharuskan karyawan untuk lembur, bagi remaja mungkin bermain games juga bisa menyebabkan kurang tidur.
Mari kita lihat apa akibat kalau kurang tidur dalam jangka waktu panjang.
1. Mempercepat penuaan dini
Jika kita kurang tidur biasanya wajah kita akan terlihat pucat, mata bengkak, timbulnya lingkaran hitam dibawah mata, kerutan halus dibawah mata, dan kulit yang terlihat kusam. Ketika kita kurang tidur maka tubuh akan mengeluarkan hormon stress atau kortisol, hormon kortisol ini merusak kolagen yaitu protein yang menjaga kulit tetap halus dan elastis. Nah yang mau tetap terlihat awet muda, solusinya adalah memiliki tidur yang cukup dan berkualitas
2. menurunkan daya Ingat
Kurang tidur akan mebuat kita sulit untuk fokus dan konsentrasi sehingga mempengaruhi daya ingat kita, Ketika tidur otak kita menyimpan apa yang kita alami seharian kedalam ingatan kita, jadi kalau kita kurang tidur maka kemampuan otak untuk menyimpan ingatan akan terganggu sehingga tidak heran kita menjadi gampang lupa, kehilangan konsentrasi, menurunnya kemampuan otak untuk menyimpan dan mengolah informasi.
3. Pertanda penyakit serius
Orang yang biasa mengalami susah tidur atau insomnia merupakan pertanda adanya penyakit serius yang dialami, salah satu contohnya adalah penyakit jantung. Tidur berperan dalam memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung, jadi orang yang kurang tidur  rentan terkena penyakit jantung. Kurang tidur dapat menyebabkan resiko tinggi terkena penyakit stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, gangguan kecemasan dan obesitas.
4. Perubahan suasana hati
Saat kurang tidur, kadar hormon stress kita akan meningkat dan mempengaruhi suasana hati sepanjang hari. Kita akan mudah mengalami perubahan suasana hati, mudah marah, kurang sabar. Keadaan emosi yang seperti ini bisa mempengaruhi pekerjaan kita sehari-hari.
5. Menurunnya gairah seksual
Suami istri yang kurang tidur akan mengalami penurunan hasrat untuk melakukan hubungan seksual, juga dapat menyebabkan tingkat kepuasan seksual yang rendah. Hasrat berkurang akibat rasa lelah dan rasa ngantuk yang timbul akibat dari kurang tidur.
6. Mempengaruhi pertumbuhan anak
Pada saat tidur, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari atau hifofisis diotak. Hormon ini diproduksi paling banyak pada malam hari, oleh karena itu anak-anak usia pertumbuhan biasanya memerlukan waktu tidur yang lebih panjang minimal 9-12 jam setiap harinya.
Tidak jarang orang mempunyai masalah dengan tidur yang biasanya disebabkan oleh stress, usia, efek zat kimia, kondisi medis. Bahkan ada yang sampai mengonsumsi obat tidur. Tidur adalah anugerah, semua makhluk hidup memerlukan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Untuk memperoleh tidur yang nyenyak kita dapat melakukan olahraga yang teratur, sering berjemur dibawah sinar matahari, hindari kafein, alkohol dan rokok, matikan perangkat elektronik anda pada saat tidur, tetapkan jam yang teratur untuk tidur, mandi air hangat sebelum tidur, dan yang terutama jernihkan pikiran menjelang tidur.
Ayo mari kita memperbaiki kualitas tidur kita mulai dari sekarang, tidak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, kita akan lebih segar dan siap untuk menghadapi segala aktivitas harian kita dengan penuh energi.
Salam sehat selalu…
adminklub

Recent Posts

Ketahui Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam, sayur yang bentuknya seperti buah pir ini sangat dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Sayuran…

1 month ago

Si Keriting Selada dan Manfaatnya

Selada dan Manfaatnya Selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam keadaan mentah,…

5 months ago

Gambas (Oyong) dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Gambas atau oyong (Luffa acutangula) merupakan tanaman yang tergolong pada keluarga cucurbitaceae yang biasanya tumbuh…

8 months ago

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan sawi hijau bukan? Ya sayuran sawi hijau atau yang…

9 months ago

Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap…

9 months ago

Manfaat Timun: Buah Segar yang Kaya Gizi

Siapa yang tidak kenal dengan timun? Buah ini sangat sering di konsumsi masyarakat Indonesia baik…

10 months ago