Categories: Tips

Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Bau mulut dibidang kedokteran dikenal dengan nama Halitosis.
Halitosis adalah bau nafas tidak sedap secara terus menerus. Bau mulut yang dimaksud disini bukanlah bau mulut yang secara wajar terjadi pada saat kita makan sesuatu yang berbau menyengat seperti pete, jengkol, durian, dan lain sebagainya, atau bau mulut pada saat kita bangun tidur. Tetapi bau mulut yang dimaksud disini adalah bau mulut yang terjadi pada jangka waktu yang lama dan terus menerus.

Bau mulut selain merupakan gangguan kesehatan, juga merupakan gangguan sosial. Bau mulut tidak sedap dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri, malu dan bahkan dihindari oleh teman-temannya, bahkan dapat merusak hubungan asmara ataupun pekerjaan. Karna itu mari kita pelajari lebih jauh lagi penyebab dan cara mengatasi bau mulut.

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya bau mulut:

1. Makanan
Makanan merupakan sumber utama penyebab bau mulut. Ketika makanan dikunyah dan pecah dimulut, sisa-sisa makanan tertinggal di mulut dan diselah-selah gigi, hal ini mengundang bakteri berkembang di mulut yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.
Selain itu makanan dengan aroma yang menyengat seperti bawang putih, bawang bombai, pete, jengkol atau yang lainnya dapat menyebabkan bau mulut.

2. Sinusitis
Sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan dari jaringan yang melapisi sinus disekitar rongga hidung. Sinus yang disertai dengan infeksi dapat menghasilkan lendir kental berbau yang mengalir dari rongga hidung ke tenggorokan dan ini menyebabkan bau yang tidak sedap yang keluar dari mulut pada saat berbicara.

3. Mulut kering
Mulut kering terjadi karna menurunnya produksi air liur pada mulut, Air liur didalam mulut berperan membunuh bakteri berlebih sehingga tidak mengeluarkan bau tidak sedap. Air liur juga membantu membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan.

4. Masalah pada gigi
Penumpukan plak pada gigi dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap, dimana bakteri berkembang biak dan menyebabkan kerusakan gigi, seperti gigi berlubang dan keropos. Hal ini tentu saja menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, karna itu segera kedokter gigi bila ada masalah dengan gigi anda.
Jika anda menggunakan kawat gigi, hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab bau pada mulut, apabila anda tidak telaten membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal pada kawat.

5. Gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan yang paling umum adalah maag dan asam lambung atau Gerd. Pada saat terjadinya gangguan ini, asam lambung akan keluar dari lambung dan naik ke tenggorokan bahkan sampai kemulut. Nah asam lambung yang tertinggal di tenggorokan dan mulut  ini menyebabkan bau tidak sedap dan sangat mengganggu.

6. Penyakit tertentu
Bau pada mulut juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu yang diderita oleh seseorang seperti sariawan, radang gusi, diabetes, gangguan fungsi ginjal, gangguan lambung bahkan kanker.
fungsi organ yang tidak seperti semula, menyebabkan penumpukan racun di tubuh kita, sehingga salah satunya menyebabkan bau mulut tidak sedap.

7. Merokok
Merokok dapat menyebabkan mulut kering dan menimbulkan bau tidak sedap. Hal ini terjadi karna asap rokok yang dihisap seseorang tertinggal didalam lidah, gusi, langit-langit mulut dan menyebabkan bau apek.

Setelah kita tahu beberapa penyebab bau mulut, berikut ini beberapa cara mengatasi dan mengurangi bau mulut.

1. Minum air putih
Banyak minum air putih dapat menjaga kelembaban mulut dan dapat membilas bakteri yang tertinggal di mulut. Minumlah sedikit air putih, kumur-kumur sejenak setelah makan untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang tertinggal didalam mulut.

2. Rajin menyikat gigi
Sikatlah gigi dua kali sehari dengan benar, jangan terburu-buru, tetapi usahakan menyikat semua selah-selah gigi dengan perlahan sehingga kotoran yang tertinggal dapat terangkat.
Jangan lupa juga menyikat lidah anda, untuk mengangkut bakteri yang melekat pada lidah.

3. Hindari makanan yang beraroma kuat
Hindari mengonsumsi makanan yang berbau kuat  seperti petai, jengkol, bawang, secara rutin, karna baunya tidak akan hilang hanya dengan menyikat gigi, membutuhkan waktu yang agak lama sampai nafas kembali seperti semula.

4. Kumur dengan mouthwash
Banyak produk pencuci mulut yang beredar di pasaran sekarang ini, pilihlah dengan benar yang cocok untuk anda. Pencuci mulut merupakan cara yang dianggap paling praktis dan cepat, hanya tinggal kumur beberapa detik, bau nafas hilang seketika. Tetapi bau nafas tersebut tidak hilang untuk selamanya, karna itu kenali terlebih dahulu penyebab bau mulut anda.

5. Makan buah dan sayuran penghilang bau
Ada beberapa buah dan sayuran yang dapat membantu menghilangkan bau mulut seperti jeruk, lemon, peterseli, daun mint, apel, wortel. Anda dapat mengganti cemilan anda dengan cemilan sehat yang bermanfaat mengatasi bau mulut. Sangat mudah bukan? selain sehat, anda juga mendapatkan bonus nafas yang segar.

6. Berheni merokok
Rokok dan produk tembakau lainnya dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap, karna itu  segeralah berhenti merokok. Nafas anda tidak akan mengeluarkan bau tidak sedap jika anda berhenti merokok, selain itu berhenti merokok juga menghindarkan anda dari resiko penyakit serius lainnya.

7. Gunakan Masker
Cara ini adalah cara sementara yang dapat digunakan untuk menjaga kepercayaan diri jika mengalami bau mulut yang mengganggu. Gunakan masker jika anda harus bertemu dengan orang sehubungan dengan pekerjaan atau kepentingan lainnya.

Jika bau mulut tidak kunjung hilang juga, segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya, dan cara mengatasinya.
Salam sehat selalu.

adminklub

Recent Posts

Ketahui Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam, sayur yang bentuknya seperti buah pir ini sangat dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Sayuran…

1 month ago

Si Keriting Selada dan Manfaatnya

Selada dan Manfaatnya Selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam keadaan mentah,…

5 months ago

Gambas (Oyong) dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Gambas atau oyong (Luffa acutangula) merupakan tanaman yang tergolong pada keluarga cucurbitaceae yang biasanya tumbuh…

8 months ago

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan sawi hijau bukan? Ya sayuran sawi hijau atau yang…

9 months ago

Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap…

9 months ago

Manfaat Timun: Buah Segar yang Kaya Gizi

Siapa yang tidak kenal dengan timun? Buah ini sangat sering di konsumsi masyarakat Indonesia baik…

10 months ago