Categories: TipsKesehatanImunitas

Buah dan Sayuran ini Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di pergantian musim seperti sekarang ini, kekebalan tubuh kita akan diuji. Gangguan kesehatan ringan seperti pilek, demam, sakit kepala, hingga sakit perut adalah beberapa penyakit yang mungkin menghantui Anda jika kekebalan tubuh anda menurun.

Di musim hujan seperti sekarang ini, kekebalan tubuh kita akan diuji. Konsumsi buah dan sayuran ini untuk tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Gangguan kesehatan ringan seperti pilek, demam, sakit kepala, hingga sakit perut adalah beberapa penyakit yang mungkin menghantui Anda jika kekebalan tubuh anda menurun, terlebih pada musim hujan seperti ini. Oleh sebab itu, sebelum penyakit-penyakit tersebut datang menghampiri, sebaiknya Anda menjaga atau meningkatkan kualitas kesehatan.

Kekebalan tubuh merupakan salah satu hal yang berhubungan dengan kualitas kesehatan seseorang. Maka dari itu, selain berolahraga secara rutin konsumsi makanannya juga harus dijaga. Berikut beberapa makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang kaya akan beta karoten. Senyawa ini akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Sebagaimana diketahui bahwa vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang mempunyai peran penting dalam melawan penyakit.
Buah berry

Buah berry yang meliputi stroberi, bluberi, ataupun raspberry mengandung vitamin C dan vitamin E yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jamur
Jamur tentunya sudah tidak asing bagi Anda. Sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat dalam melawan penyakit berkat kemampuannya dalam meningkatkan produksi sel darah putih.
Wortel

Seperti halnya ubi jalar, wortel juga kaya akan beta karoten yang dinilai ampuh dalam menangkal serangan penyakit-penyakit ringan seperti pilek atau flu.
Bawang putih

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai bahan masakan yang ampuh untuk melawan penyakit. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dinilai efektif untuk menangkal gejala flu.
Bayam

Bayam mengandung sejumlah nutrisi penting yang diperlukan tubuh, diantaranya adalah vitamin E, vitamin A, vitamin C, beta karoten, vitamin K, dan asam folat. Selain itu, bayam juga mengandung mineral seperti zat besi dan tembaga yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh.
Kiwi

Buah yang satu ini kaya akan vitamin E, nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin E dalam buah kiwi juga berperan dalam melindungi tubuh dari berbagai serangan virus dan bakteri.

Sebenarnya masih banyak lagi buah-buahan dan sayuran lainnya yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun demikian, ketujuh daftar yang telah disebutkan di atas setidaknya dapat mewakili dari sekian banyak pilihan yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat.

Setelah mengetahui deretan buah dan sayuran yang efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jangan lupa juga untuk berkonsultasi pada ahli gizi mengenai kesehatan Anda. 

Konsultan Klub Sehat

Recent Posts

Ketahui Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam, sayur yang bentuknya seperti buah pir ini sangat dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Sayuran…

1 month ago

Si Keriting Selada dan Manfaatnya

Selada dan Manfaatnya Selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam keadaan mentah,…

5 months ago

Gambas (Oyong) dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Gambas atau oyong (Luffa acutangula) merupakan tanaman yang tergolong pada keluarga cucurbitaceae yang biasanya tumbuh…

8 months ago

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan sawi hijau bukan? Ya sayuran sawi hijau atau yang…

9 months ago

Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap…

9 months ago

Manfaat Timun: Buah Segar yang Kaya Gizi

Siapa yang tidak kenal dengan timun? Buah ini sangat sering di konsumsi masyarakat Indonesia baik…

10 months ago