Categories: General

Ketahui Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam, sayur yang bentuknya seperti buah pir ini sangat dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Sayuran ini juga sangat mudah untuk didapatkan, baik di pasar tradisional ataupun supermarket. Selain rasanya yang enak dan sangat disukai, cara mengolahnya juga mudah. Labu siam dapat diolah menjadi berbagai makanan mulai dari lalapan, sayur lodeh, sayur asem, ataupun sayuran lainnya, bahkan dapat dijadikan sebagai campuran jus yang sangat nikmat.

Kandungan Nutrisi Labu Siam
Mari kita lihat sejenak nutrisi apa saja yang terkandung dalam labu siam ini.
Labu siam mangandung karbohidrat, kalori, protein, serat, kaya akan vitamin C, vitamin B9, vitamin B6, vitamin K, Mangan, Cooper, Zinc, Kalium dan Magnesium. Selain itu labu siam juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi, sehingga sangat baik di konsumsi ibu hamil. Kandungan lainnya yang tidak kalah penting adalah sejenis senyawa flavonoid yaitu apogenin dan luteolin.

Manfaat Labu Sian untuk Kesehatan
Setelah melihat kandungan nutrisi yang luar biasa pada labu siam, sekarang mari kita lihat manfaat apa sih yang kita dapatkan dari mengonsumsi labu siam setiap hari.

1. Meningkatkan kesehatan jantung.
Mengonsumsi labu siam secara rutin ternyata dapat mencegah resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan Myricetin di dalam labu siam yang merupakan antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol pada darah, Myricetin membantu melenturkan pembuluh darah sehingga aliran darahpun menjadi lebih lancar.

2. Mengontrol gula darah.
Serat yang terkandung di dalam labu siam berguna untuk mengontrol gula darah didalam tubuh. Jenis serat ini pun dapat membantu proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Labu siam juga bermanfaat untuk meningkatkan sensivitas insulin sehingga gula darah yang di produksi berkurang. Penderita Diabetes disarankan untuk mengonsumsi labu siam secara rutin.

3. Baik untuk ibu hamil.
Labu siam mengandung asam folat yang tinggi yang sangat berguna selama masa kehamilan. Sejak awal kehamilan folat berguna sekali untuk merangsang pertumbuhan sumsum tulang belakang janin dan pertumbuhan otak, asam folat yang cukup juga mencegah terjadinya kelahiran prematur pada bayi.

4. Antioksidan tinggi.
Labu siam terbukti mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang dapat menangkal radikal bebas. salah satunya adalah senyawa flavonoid dalam bentuk apigenin dan luteolin, juga kandungan Vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit, juga mampu memperbaiki sel-sel yang rusak.

5. Menurunkan berat badan.
Kandungan serat yang tinggi didalam labu siam membuat perut terasa kenyang lebih lama karna meningkatnya hormon peptide YY  yang membuat perut selalu penuh, sehingga labu siam baik digunakan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

6. Menjaga kesehatan pencernaan.
Labu siam mengandung senyawa flavonoid yang membantu memperlancar proses pencernaan, dan juga tingginya serat yang terdapat dalam labu siam dapat membantu mencegah terjadinya sembelit.

7. Mengurangi resiko penyakit kanker.
Labu siam mengandung senyawa myceritin yang mempunyai sifat sebagai antikanker dan antiinflamasi yang kuat. Senyawa ini memperlambat pertumbuhan dan perkembangan beberapa sel kanker. Antioksidannya yang tinggi juga membantu menangkat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

8. Menambah Stamina.
Labu siam memiliki kandungan elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah potasium atau kalium yang kandungannya cukup tinggi dalam labu siam.

9. Menjaga kesehatan hati.
Kinerja dalam hati tentu di pengaruhi oleh tinggi rendahnya lemak yang terdapat didalamnya. Ekstrak labu siam dapat membantu melindungi hati dari penumpukan lemak yang mempengaruhi kinerja hati.

10. Memperlambat penuaan kulit.
Vitamin C yang tinggi yang terdapat dalam kandungan labu siam membantu untuk melawan radikal bebas dan juga befungsi sebagai antioksidan tinggi. Kolagen yang di produksi berguna untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit. Nah mau awet muda? jangan lupa mengonsumsi labu siam ya.

Wah ternyata sungguh luar biasa ya manfaat dari labu siam ini. Ayo jangan lupa memasukkannya kedalam menu harian Anda. Labu siam dapat di olah menjadi berbagai aneka masakan yang lezat sesuai dengan selera Anda dan rasanya sendiripun sangat lezat. Salam sehat selalu.

Konsultan Kesehatan

Recent Posts

Si Keriting Selada dan Manfaatnya

Selada dan Manfaatnya Selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam keadaan mentah,…

5 months ago

Gambas (Oyong) dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Gambas atau oyong (Luffa acutangula) merupakan tanaman yang tergolong pada keluarga cucurbitaceae yang biasanya tumbuh…

8 months ago

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan sawi hijau bukan? Ya sayuran sawi hijau atau yang…

9 months ago

Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap…

9 months ago

Manfaat Timun: Buah Segar yang Kaya Gizi

Siapa yang tidak kenal dengan timun? Buah ini sangat sering di konsumsi masyarakat Indonesia baik…

10 months ago

Kacang Mete dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kacang mete atau kacang mede merupakan camilan yang memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Kacang…

10 months ago