Categories: TipsKesehatan

Manfaat Ikan Gabus

Ikan gabus adalah salah satu ikan tawar yang banyak terdapat di Indonesia dan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi. Di berbagai daerah di Indonesia, mengonsumsi ikan gabus merupakan hal yang biasa dilakukan mulai dari balita hingga lansia. Menurut penelitian kandungan protein dan gizi dari ikan gabus ini mengalahkan berbagai ikan lainnya yang biasa dikonsumsi seperti bandeng, ikan mas,atau ikan lainnya.
Ikan gabus sangat kaya dengan albumin. Albumin ini adalah protein utama yang terdapat dalam darah yang diproduksi oleh hati. Karna itu albumin sangat penting bagi tubuh kita karna berfungsi untuk mengatur tekanan dalam pembuluh darah dan mengatur agar cairan didalam pembuluh darah tidak bocor kejaringan tubuh lainnya.
Selain albumin yang tinggi, ikan gabus juga kaya akan omega-3, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, Vitamin B1.

Berikut adalah manfaat dari mengonsumsi ikan gabus:

1. Membentuk Otot
Protein sangat berperan penting dalam pembentukan otot manusia. Ikan gabus merupakan sumber protein yang tepat yang dapat membantu pembentukan otot. Mengapa? Karena kandungan protein dalam ikan gabus sangat tinggi bahkan mengalahkan daging sapi, daging ayam, ikan tawar lainnya seperti ikan mas atau nila, bahkan telur sekalipun. Jika anda menginginkan tubuh yang berotot, mengonsumsi ikan gabus sangatlah membantu.

2. Membantu penyembuhan luka
Albumin memiliki peran yang penting dalam penyembuhan luka pada tubuh manusia. Kandungan asam amino seperti glisin dan asam lemak pada ikan gabus mampu membentuk kolagen baru pada kulit dan membentuk jaringan baru, sehingga luka segera pulih.
Wanita yang melahirkan secara caesar disarankan mengonsumsi ikan gabus untuk mempercepat pemulihan luka operasi pasca melahirkan.

3. Memberi nutrisi untuk pertumbuhan
Masa pertumbuhan sangat penting untuk anak-anak, karena itu selama masa pertumbuhan ini usahakan anak anda tidak kekurangan gizi. Ikan gabus merupakan sumber makanan yang baik untuk membantu pertumbuhan anak anda, Kandungan gizi dalam ikan gabus hampir dapat memenuhi kebutuhan gizi harian anak anda. Tidak hanya anak-anak, ikan gabus juga sangat baik di konsumsi oleh lansia untuk memenuhi kebutuhan harian proteinnya.

4. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
Jika tubuh mengalami kekurangan cairan, maka protein yang diserap tubuh akan pecah dan tidak berfungsi dengan normal. Karna itu albumin dalam ikan gabus dapat membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan didalam tubuh sehingga proses penyerapan protein dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.

5. Membantu pencernaan
Struktur ikan gabus yang sangat lembut dan empuk dapat dengan mudah di cerna oleh lambung, sehingga alat pencernaan dalam tubuh kita tidak perlu bekerja keras untuk mengolahnya, dengan demikian fungsi alat pencernaan dapat terjaga dengan baik

6. Membantu mengatasi hipoalbuminemia
Hipoalbuminemia adalah suatu kondisi ketika jumlah albumin didalam darah berada dibawah normal.
gejala hipoalbuminemia antara lain nafsu makan berkurang, diare, mual, hipotens, penyakit kuning, edema. Penyebabnya bisa diabetes, sirosis hati, gagal jantung, penyakit lupus ataupun penyakit lainnya. Mengonsumsi ikan gabus tentu saja membantu meningkatkan kadal albumin didalam darah, sehingga kadar albumin menjadi normal.

7. Menjaga kesehatan mata
Kadar vitamin A yang tinggi pada ikan gabus tentu saja sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Jika ingin memiliki mata yang sehat, ikan gabus dapat menjadi salah satu pilihan makanan untuk di konsumsi

Sekarang ini di toko herbal juga sudah tersedia ekstrak ikan gabus yang dapat dibeli bagi orang yang kesulitan untuk mendapatkan ikan gabus segar. Pilihan ekstrak ikan gabus dalam bentuk kapsul ini disarankan hanya digunakan apabila anda dalam masa pengobatan. Dan jangan lupa tetap konsultasikan dengan dokter anda untuk dosis yang tepat. Jika anda hanya memerlukan ikan gabus untuk pemeliharaan kesehatan, disarankan untuk mengonsumsi ikan gabus segar yang dapat di olah sesuai selera, dan cara yang paling sering digunakan adalah mengolahnya menjadi sup ikan gabus.

Nah.. Sangat banyak sekali bukan manfaat dari ikan gabus?
Selamat mencoba dan salam sehat selalu

 

adminklub

Recent Posts

Ketahui Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam, sayur yang bentuknya seperti buah pir ini sangat dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Sayuran…

1 month ago

Si Keriting Selada dan Manfaatnya

Selada dan Manfaatnya Selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam keadaan mentah,…

5 months ago

Gambas (Oyong) dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Gambas atau oyong (Luffa acutangula) merupakan tanaman yang tergolong pada keluarga cucurbitaceae yang biasanya tumbuh…

8 months ago

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan sawi hijau bukan? Ya sayuran sawi hijau atau yang…

9 months ago

Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap…

9 months ago

Manfaat Timun: Buah Segar yang Kaya Gizi

Siapa yang tidak kenal dengan timun? Buah ini sangat sering di konsumsi masyarakat Indonesia baik…

10 months ago