Categories: Kesehatan

Manfaat Lain Beras Merah

Beras putih mungkin menjadi makanan pokok yang tidak dapat terlepas bagi warga Indonesia kebanyakan. Namun tahukah bahwa beras nyatanya memiliki sekitar 40 ribu jenis dan lebih dari empat jenisnya sangat mudah didapatkan di pasar komersial.

Beras merah, kerap diincar kaum hawa yang sedang menjalani program diet sebagai pengganti nasi putih karena memiliki kandungan glukosa yang rendah. Selain itu, beras merah juga memiliki kandungan lemak nol dan dedak yang mampu mengurangi kadar kolesterol dan diyakini tidak menambah berat badan. Namun beras merah ternyata mengandung banyak manfaat lain yang mungkin belum diketahui.

Dilansir Times of India, menurut ahli makanan selain memiliki kandungan gizi yang baik, beras merah juga kaya akan antioksidan yang berfungsi mereduksi bahaya polusi udara dalam tubuh. Selain itu, kandungan magnesium yang baik dalam beras merah juga mampu mengendalikan sistem pernafasan dan mencegah asma.


© photobucket.com Beras Merah

Kandungan zat besi dalam beras merah juga dapat menghasilkan oksigen dalam sel darah sehingga membantu memperbaiki sistem peredaran darah. Serat dalam beras merah juga mampu mengeluarkan racun dalam usus dan melancarkan pencernaan.

Para ahli mengatakan, kandungan vitamin, mineral, magnesium, fosfor, dan molibdenum dalam beras merah merupakan kelompok pembangkit tenaga yang sangat dibutuhkan tubuh orang dewasa. Dibandingkan dengan beras lainnya, beras merah mengandung 10 kali antioksidan yang membantu menghilangkan toksin dan zat-zat lain yang tidak diinginkan.

Mengkonsumsi beras jenis ini juga mampu mencegah penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Konsumsi beras merah secara teratur membantu memperbaiki status gizi dan secara implisit mengurangi tekanan dan stres.

Source: Republika.co.id – Gita Amanda
Konsultan Klub Sehat

Recent Posts

Ketahui Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam, sayur yang bentuknya seperti buah pir ini sangat dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Sayuran…

1 month ago

Si Keriting Selada dan Manfaatnya

Selada dan Manfaatnya Selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam keadaan mentah,…

5 months ago

Gambas (Oyong) dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Gambas atau oyong (Luffa acutangula) merupakan tanaman yang tergolong pada keluarga cucurbitaceae yang biasanya tumbuh…

8 months ago

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan sawi hijau bukan? Ya sayuran sawi hijau atau yang…

8 months ago

Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap…

9 months ago

Manfaat Timun: Buah Segar yang Kaya Gizi

Siapa yang tidak kenal dengan timun? Buah ini sangat sering di konsumsi masyarakat Indonesia baik…

10 months ago