Categories: TipsKesehatan

Manfaat Pete (Petai)

Pete (petai) merupakan pohon tahunan tropika jenis polong-polongan. Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Pete memiliki buah yang besar, memanjang, dengan banyak polong buah. Biasanya dalam satu buah terdapat hingga 20 biji. Buah pete dikenal karena baunya yang menyengat. Baunya yang khas dan tajam terkadang membuat sebagian orang enggan mengonsumsi buah ini. Namun siapa yang menyangka bila dibalik baunya yang unik itu, pete memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat pete diantaranya adalah sebagai sumber antioksidan, mencegah hipertensi, anemia, sembelit, tukak lambung, penyakit hati, ginjal, dan bahkan bisa menangkal depresi.

Pete mengandung senyawa dan nutrisi yang beragam. Beberapa diantaranya adalah gula alami, zat besi, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Pete mengandung 3 jenis gula alami yaiut sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi kandungan ini mampu memberikan dorongan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

Khasiat pete tidak sampai di situ saja. Mengkonsumsi buah ini tidak menaikkan kadar gula darah. Sebaliknya, pete dapat mengendalikan kadar gula sehingga bisa tetap stabil. Riset tersebut membuktikan bahwa pete mampu mencegah dan bahkan menangani beberapa macam penyakit. Misalnya saja penyakit anemia. Zak besi yang terkandung pada buah pete sangat tinggi sehingga mampu menstimulasi produksi sel darah merah. Manfaat pete tersebut akan terasa oleh penderita anemia.

Manfaat pete juga dirasakan oleh pencernaan kita. Teksturnya yang lembut dan halus mampu menetralkan asam lambung dan mencegah iritasi. Mekanismenya adalah dengan cara melapisi permukaan dalam lambung. Oleh karena itu, kadang pete disebut juga makanan untuk perawatan pencernaan.

Vitamin B6 yang terkandung di dalam buah pete diduga berperan memperbaiki mood seseorang. Buah ini juga berkhasiat sebagai antidepresan. Hal tersebut dikarenakan pete mengandung trypthopan, yaitu asam amino yang di dalam tubuh menghasilkan serotonin. Serotonin itulah yang berperan sebagai antidepresan.

Khasiat Pete untuk Memerangi Hipertensi

Buah pete mengandung mineral kalium tinggi yang penting dibutuhkan oleh tubuh kita. Kalium berguna untuk membuat detak jantung kembali normal. Selain itu bermanfaat juga untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh. Walaupun tinggi kalium, pete ternyata rendah garam. Itu yang membuatnya sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya manfaat pete tersebut sehingga Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengizinkan perkebunan pete. Mereka memberi izin untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke. Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine”, memakan buah pete sebagai makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke hingga 40%.

Selain buah atau biji yang bermanfaat, kulit pete ternyata juga memiliki khasiat sebagai antioksidan. Kulit pete terletak di atas buah dan menyelimutinya. Dalam kulit buah tersebut terdapat senyawa fenolik yang mampu mengurangi secara signifikan efek radikal bebas. Sebagai antioksidan alami, kulit pete jauh lebih menyehatkan daripada antioksidan sintesis.

Sumber: http://www.kesehatan.co/manfaat-pete-si-buah-menyengat/
Konsultan Klub Sehat

Recent Posts

Ketahui Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam, sayur yang bentuknya seperti buah pir ini sangat dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Sayuran…

1 month ago

Si Keriting Selada dan Manfaatnya

Selada dan Manfaatnya Selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam keadaan mentah,…

5 months ago

Gambas (Oyong) dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Gambas atau oyong (Luffa acutangula) merupakan tanaman yang tergolong pada keluarga cucurbitaceae yang biasanya tumbuh…

8 months ago

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan sawi hijau bukan? Ya sayuran sawi hijau atau yang…

9 months ago

Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap…

9 months ago

Manfaat Timun: Buah Segar yang Kaya Gizi

Siapa yang tidak kenal dengan timun? Buah ini sangat sering di konsumsi masyarakat Indonesia baik…

10 months ago