Categories: General

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan sawi hijau bukan? Ya sayuran sawi hijau atau yang sering disebut juga dengan caisim ini sangat sering kita temukan menjadi pelengkap aneka makanan khas Indonesia seperti mie ayam, bakso, capcay, mie goreng ataupun mie rebus. Selain mudah didapatkan di pasar, sawi hijau juga sangat mudah untuk diolah dan cocok dipadukan dengan berbagai aneka masakan. Dan ternyata sawi hijau ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berikut ini kita akan bahas kandungan dan manfaat sawi hijau atau caisim.

Kandungan sawi hijau
Sawi hijau berasal dari keluarga tumbuhan Brassica. Sawi memiliki banyak sekali jenis seperti sawi hijau, pakcoy, sawi pahit, dll. Walau banyak jenisnya, kandungan nutrisi didalam sawi tidaklah jauh berbeda. Seperti umumnya sayuran hijau, sawi juga mengandung kalori rendah. Sawi hijau mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Sawi hijau juga mengandung zat besi, potasiaum,magnesium, kalium, selenium, mangan, folat, kalsium, protein dan tentu saja mengandung serat yang cukup tinggi yang baik untuk pencernaan.

Manfaat sawi hijau bagi kesehatan:
Berikut ini kita akan bahas manfaat dari sawi hijau untuk kesehatan tubuh manusia.
1. Antioksidan tinggi
Sawi hijau mengandung vitamin A dan C dan juga senyawa fenolik. Kandungan ini membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan mutasi DNA dan juga berfungsi sebagai antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas, mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Sehingga mengonsumsi sayuran sawi hijau ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit.

2. Menyehatkan pencernaan
Sawi hijau adalah sayuran yang kaya akan serat. Serat dalam sawi hijau ini dapat melancarkan pencernaan yaitu membantu lambung dan usus untuk menyerap nutrisi dari makanan. Anti peradangan yang terkandung dalam sawi membantu mencegah kanker usus yang berbahaya bagi pencernaan. Serat yang tinggi dalam sawi juga membantu melancarkan buang air besar setiap hari.

3. Mencegah anemia
Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Sawi hijau kaya akan zat besi dan folat yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah pada manusia. Zat besi membantu mengontrol hemoglobin dan folat untuk penyerapan zat besi yang diperlukan pada produksi sel darah merah.

4. Menurunkan resiko penyakit jantung
Mengonsumsi sawi hijau dapat membantu menjaga kesehatan. Kandugan dalam sawi hijau dapat mengontrol kelesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Tingginya serat yang terdapat dalam sawi hijau dapat mencegah penyumbatan saluran arteri. Kandungan potasium dalam sawi juga membantu menurunkan tekanan darah.

5. Menjaga kesehatan mata
Sawi hijau mengandung vitamin A yang tinggi, selenium, vitamin K yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan beta-karoten melindungi saluran koroner mata dan mencegah pembentukan katarak atau glaukoma.

6. Menjaga kesehatan tulang
Vitamin K terlibat dalam mineralisasi tulang dan pembekuan darah. Sawi hijau mengandung vitamin K yang tinggi yang berfungsi untuk mencegah pengeroposan tulang, mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Vitamin K juga membantu mengatur fungsi hormon sehingga dapat membantu mengurangi kram atau nyeri haid.

7. Mencegah peradangan
Sawi hijau mengandung selenium yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri atau virus. Sawi hijau juga mengandung kolin yang membantu sel-sel tubuh menyerap lemak dan mengurangi peradangan kronis.

8. Menstabilkan tekanan darah
Sawi hijau mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi sawi hijau membantu menstabilkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pendarahan pada otak.

9. Mencegah kanker
Fakta bahwa sawi mengandung antioksidan tinggi, vitamin dan mineral dapat membantu mencegah kanker. selain itu sawi hijau juga mengandung komponen glucosinolate yang bermanfaat untukĀ  menangkal pertumbuhan kanker pada tubuh.

10. Menjaga kesehatan kulit
Vitamin C yang tinggi yang terdapat didalam sawi hijau membantu menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel kulit. Vitamin C memproduksi kolagen yang dapat mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini. Vitamin C juga berperan penting dalam penyembuhan luka dengan cepat.

Cara mengolah sawi hijau
Mengolah sawi hijau tergolong sangat mudah, dan ada baiknya Anda mengolah sendiri sayuran ini untuk mendapatkan khasiat yang lebih bagus. Sawi hijau dapat diolah dengan cara ditumis, direbus atau di kukus bahkan dapat juga di jus. Untuk mendapatkan rasa jus yang enak, sawi hijau dapat di campur dengan buah lain seperti apel atau nanas.

Ternyata sawi yang sering kita temukan sebagai pelengkap makanan seperti mie ayam, bakso, mie goreng, cap cay dan lainnya ini mempunyai nutrisi yang tinggi ya. Karna itu jangan lupa memasukkan sawi hijau kedalam menu makanan harian Anda. Salam sehat selalu.

Konsultan Kesehatan

Recent Posts

Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap…

1 month ago

Manfaat Timun: Buah Segar yang Kaya Gizi

Siapa yang tidak kenal dengan timun? Buah ini sangat sering di konsumsi masyarakat Indonesia baik…

2 months ago

Kacang Mete dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kacang mete atau kacang mede merupakan camilan yang memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Kacang…

2 months ago

Manfaat Buncis untuk Kesehatan Tubuh

Buncis adalah sayuran yang hampir mirip dengan kacang panjang, hanya saja buncis itu lebih pendek…

2 months ago

Manfaat Kangkung Bagi Tubuh

Kangkung adalah salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia, bahkan sangat mudah untuk di…

3 months ago

Bahaya Kurang Tidur Jangka Panjang

Tidur merupakan suatu keharusan bagi manusia, bahkan semua makhluk hidup membutuhkan tidur dimalam hari. Tidur…

3 months ago