Categories: Tips

Mengatasi Kebotakan Rambut Secara Alami

Rambut yang indah dan sehat adalah idaman semua orang, tidak terkecuali pria atau wanita.  Namun sangat disayangkan keinginan tersebut ada yang tidak tercapai. Pada umumnya jumlah rambut yang rontok secara normal pada manusia setiap harinya adalah 50-100 helai per hari, Jikalau anda merasa rambut yang rontok setiap harinya masih berada pada skala tersebut, Anda tidak perlu khawatir, karna hal tersebut masih berada dalam batasan normal.

Rambut mengandung protein khusus yang dibentuk didalam akar rambut yaitu keratin, setiap kali akar rambut memproduksi sel rambut yang baru, maka sel rambut lama akan terdorong keluar dari lapisan kepala. Jadi rambut yang biasa kita lihat dikepala kita adalah untaian sel keratin yang mati.

Kerontokan rambut yang dianggap parah sehingga menyebabkan kebotakan biasanya di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:
1. Faktor keturunan
2. Stress berat
3. Kekurangan nutrisi
4. Perubahan hormon
5. Efek mengonsumsi obat tertentu
6. Penyakit tertentu seperti demam tinggi, anemia, tiroid, dll
7. Penggunaan produk perawatan rambut tertentu
8. Pasca melahirkan

Untuk mengatasi kebotakan, banyak sekali produk-produk perawatan rambut, dan penumbuh rambut yang sekarang diiklankan di pasar, mulai dari harga yang terjangkau sampai harga yang sangat mahal. Bahkan tidak jarang ada yang memutuskan untuk transplantasi rambut.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dari kebiasaan kita sehari-hari yang menyebabkan terjadinya kerontokan yang parah, bahkan kebotakan, diantaranya adalah:

1. Penuhi nutrisi rambut anda
Konsumsilah makanan yang mengandung protein, asam lemak omega-3, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, zat besi dan vitamin D. Nutrisi ini dapat menjaga kesuburan dan kekuatan rambut. Nutrisi ini dapat kita peroleh dari daging, ikan, telur, susu dan kacang kedelai. Sayuran dan buah-buahan tentunya harus menjadi suatu keharusan dalam menu makanan kita sehari-hari.

2. Mengurangi penggunaan alat penata rambut
Pada saat rambut basah, hindarilah menyisirnya karna bisa menyebabkan kerontokan, kurangi penggunaan pelurus rambut, pengering rambut, hingga sisir yang terlalu rapat.

3. Meredakan Stress
Stress dapat mempengaruhi hormon didalam tubuh kita, dan meningkatkan peradangan sehingga dapat menyebabkan kebotakan. Masalah kebotakan tidak jarang dipengaruhi oleh masalah psikologi, atau depresi. Anda dapat berkonsultasi dengan psikiater atau belajar manajemen stress sendiri.

4. Stimulasi kulit kepala secara teratur
kulit kepala kita perlu dirangsang untuk memicu tumbuhnya rambut yang baru. Anda dapat menggunakan sikat yang lembut untuk merangsang kulit kepala dengan menyikatnya sebanyak 50 kali  dengan gerakan yang sama dari ujung keakar. Lakukan lah secara teratur pagi dan sore hari.

5. Potong rambut secara teratur
Potonglah rambut anda secara teratur 3 bulan sekali, untuk menghindari kerusakan pada ujung rambut, dan juga memicu pertumbuhan rambut yang lebih sehat lagi.

Berikut ini beberapa cara alami yang dapat dicoba untuk mengatasi kebotakan pada pria dan wanita. Pilihlah cara yang menurut anda lebih mudah untuk anda lakukan dan mudah untuk memperoleh bahan-bahannya.

1. Lidah buaya
Tentunya tumbuhan satu ini tidak asing lagi manfaat nya bagi kita, selain mudah untuk di dapatkan, cara pengolahannya juga sangatlah mudah. Lidah buaya mengandung vitamin C, A, dan D , vitamin ini berguna untuk mengganti sel, meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan rambut yang berkilau. Lidah buaya membantu membersihkan sebum yang menyumbat akar rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.
Caranya sangat mudah, ambilah sehelai lidah buaya, kemudian ambil gelnya, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut sampai merata, diamkan selama 1 jam, lalu cucilah kepala anda seperti biasa. Untuk hasil yang maksimal, bisa juga didiamkan semalaman, lalu dicuci bersih pada keesokan harinya.

2. Daun seledri

Daun seledri mengandung Vitamin A, B, mineral natrium dan kalsium yang mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat.
Ambil beberapa helai daun seledri, haluskan dan gunakan sebagai masker pada kulit kepada dan rambut anda. atau bisa juga peras airnya dan olehkan pada kulit kepada dan rambut anda. Diamkan selama 45 menit, kemudian cuci bersih seperti biasa pada saat anda keramas.

3. Minyak kemiri
Minyak kemiri dapat membantu menumbuhkan rambut dengan cepat. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan minyak kemiri secara teratur setiap hari sebelum tidur, lalu cucilah rambut anda keesokan harinya, dengan pemakaian yang teratur anda akan merasakan khasiat dari minyak kemiri ini.

4. Masker telur
Telur sangat mudah untuk kita dapatkan disekitar kita. Protein keratin yang dikandung telur mencapai 70%. Telur mendorong pertumbuhan rambut karna proteinnya yang tinggi.
Untuk pemakaiannya campurkan satu butir telur dengan satu sendok makan minyak zaitun, kocok sampai tercampur dengan sempurna, setelah itu  oleskan ramuan ini pada kulit kepala dan rambut anda sampai benar-benar merata dan tertutup sempurna dengan baluran telur ini. Biarkan selama 20-30 menit, setelah itu cuci bersih dengan air dingin dan shampoo sampai bersih. Lakukan proses ini 2-3 kali dalam seminggu

5. Bawang merah
Kandungan sulfur dalam bawang merah dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mendorong pertumbuhan kolagen, Bawang merah juga mengandung anti bakteri yang tinggi yang dapat merawat kulit kepala yang terinfeksi.
Sediakan beberapa siung bawang merah, cincang halus sampai mengeluarkan sarinya, lalu  balurkan bawang merah tersebut pada kulit kepada yang mengalami kebotakan, sambil diberikan pijitan ringan untuk memperlancar sirkulasi darah, dan diamkan selama 15 menit. Kemudian cuci dan bilas dengan shampoo seperti biasa

6. Santan Kelapa

Kelapa dikenal mampu melembabkan kulit, tidak heran banyak produk shampoo dan conditioner memilih kelapa sebagai bahan dasarnya. Salah satu faktor penyebab kebotakan adalah kulit kepala yang rusak karna kering.
Ambilah santan kepala secukupnya, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut anda secara merata, sambil berikan sedikit pijatan lembut pada kulit kepala, biarkan selama 10 menit, kemudian bilaslah rambut anda sampai bersih seperti biasa.

7. Alpukat
Rutin mengonsumsi alpukat dapat membantu menumbuhkan rambut dengan cepat. Alpukat tinggi akan antioksidan, vitamin B dan E yang mampu menguatkan dan mencegah kerusakan rambut. selain di konsumsi, alpukat juga dapat digunakan sebagai masker untuk rambut anda.
Haluskan satu buah alpukat, lalu balurkan pada kulit kepada dan rambut, berikan pijatan lembut, lalu diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air bersih dan shampoo.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi kebotakan. Dengan penggunaan yang rutin, rambut akan tumbuh kembali dengan sehat dan berkilau. Selamat mencoba!

adminklub

Recent Posts

Ketahui Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam, sayur yang bentuknya seperti buah pir ini sangat dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Sayuran…

1 month ago

Si Keriting Selada dan Manfaatnya

Selada dan Manfaatnya Selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam keadaan mentah,…

5 months ago

Gambas (Oyong) dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Gambas atau oyong (Luffa acutangula) merupakan tanaman yang tergolong pada keluarga cucurbitaceae yang biasanya tumbuh…

8 months ago

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan sawi hijau bukan? Ya sayuran sawi hijau atau yang…

9 months ago

Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap…

9 months ago

Manfaat Timun: Buah Segar yang Kaya Gizi

Siapa yang tidak kenal dengan timun? Buah ini sangat sering di konsumsi masyarakat Indonesia baik…

10 months ago