Rahasia Awet Muda dengan Mengonsumsi Buah-buahan


Awet Muda adalah idaman semua wanita. Mempunyai wajah yang awet muda, tetap cantik dan

berseri-seri merupakan impian banyak orang. Itulah mengapa berbagai cara dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, Orang tidak segan untuk mengeluarkan uang mulai dari harga yang murah bahkan sampai harga yang sangat mahal untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Namum tak dapat di pungkiri, seiring waktu usia anda bertambah, dan tubuh pun ikut menua dari dalam dan dari luar. Berbagai fungsi organ tubuh mulai menurun secara alami karna faktor usia. Kulit tidak lagi memproduksi kolagen dan melanin sebanyak masa muda dulu. Semakin tua maka massa ototpun terus menurun, sehingga kulit akan terlihat kering, berkeriput, kendur dan kusam.

Selain bertambahnya usia yang tidak dapat di hindari, Ada beberapa faktor dari luar yang dapat mempengaruhi penuaan pada tubuh seseorang, seperti paparan sinar matahari, polusi udara, asap kendaraan, stres, kebiasaan merokok, pola tidur , pola makan dan rutinitas fisik sehari-hari.

Tentu saja saat ini banyak sekali penawaran produk kecantikan untuk mengatasi masalah penuaan. Berbagai macam produk bermunculan, mulai dari harga murah sampai dengan harga yang sangat mahal, bahkan tak jarang ada yang menjalani operasi plastik untuk kelihatan tetap muda.

Rahasia awet muda sebenarnya sederhana saja, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan nya, apalagi sampai menimbulkan resiko kesehatan bagi tubuh.
Anda hanya perlu memberikan nutrisi yang diperlukan agar organ tubuh dapat tetap berjalan dengan seharusnya. Terkadang anda lupa bawah tubuh seperti mesin yang perlu di minyaki dengan baik agar tetap berfungsi.

Lakukanlah pola makan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan , biji-bijian, ikan, susu rendah lemak, membatasi penggunaan garam dan perbanyak minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Jangan lupa tidur cukup dan berolah raga.

Tips yang paling sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja adalah perbanyak mengonsumsi buah-buahan. Secara khusus, buah bisa memperlambat penuaan alias membuat kita tetap awet muda karena buah-buahan banyak mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan keriput dan mencegah perubahan warna pada kulit.

 Buah mengandung vitamin serta segudang antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Ada dua jenis vitamin yang sangat berperan penting untuk menjaga kulit senantiasa awet muda, yaitu vitamin C dan vitamin E.

Vitamin C membantu membentuk kolagen yaitu protein khusus yang membuat kulit kencang, kenyal dan lembab. Vitamin C meningkatkan kerja kolagen untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat penuaan dan radiasi sinar matahari. Vitamin C juga ampuh mengurangi garis halus dan keriput diwajah berkat antioksidannya yang tinggi melawan radikal bebas.

Peningkatan produksi kolagen berkat vitamin C juga dapat memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. Struktur pembuluh darah yang kuat dan elastis akan membuat aliran darah makin lancar ke seluruh tubuh, termasuk juga kulit dan wajah. Semakin lancar peredaran darah Anda, semakin banyak oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit. Hal ini membuat penampilan keseluruhan kulit Anda tampak sehat, muda, dan bercahaya

Vitamin E merupakan antioksidan yang berfungsi menyerap sinar UV yang berbahaya dari matahari untuk mencegah terbentuknya bercak gelap dan keriput pada kulit. Vitamin E membantu melembabkan kulit kasar dan kering dari dalam tubuh. Vitamin E juga membantu menghilangkan bekas luka pada kulit.

Berikut ini adalah buah-buahan dengan nutrisi tinggi yang dapat menjadikan kulit awet muda apabila di konsumsi secara teratur.

1. Delima
Buah delima mengandung vitamin A, C, E yang melindungi kulit dari kerusakan, melembapkannya dan merangsang regenerasi sel kulit. Antioksidan yang dikandung buah delima ternyata lebih tinggi dari teh hijau. Buah delima mengandung zat yang dapat meningkatkan kolagen untuk menjaga kekencangan kulit.

2. Alpukat
Alpukat terkenal kaya akan asam lemak yang dapat menangkal radang dan membuat kulit terasa kenyal dan halus.  Lemak sehat di dalam alpukat dan vitamin E yang tinggi membantu melindungi elastisitas kulit. Alpukat mengandung alkohol lemak polihidroksilasi yang dapat melawan inflamasi, melindungi kulit dari sinar UV dan memperbaiki DNA yang rusak.

3. Tomat
Tomat mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan kaya akan likopen yang bertindak sebagai tabir surya alami. Likopen yang terdapat di dalam tomat akan keluar berlipat ganda apabila di masak terlebih dahulu.

4, Pepaya
Buah pepaya ini termasuk buah yang murah meriah dan sangat mudah untuk ditemukan, tapi kasiatnya tentu saja tidak murahan ya. Pepaya merupakan buah dengan kandungan lengkap Vitamin A, C, E, K, kalsium, kalium, magnesium, fosfor dan vitamin B kompleks. Pepaya juga mengandung enzim papain yang mampu memberikan khasiat anti-penuaan berkat khasiat anti-inflamasi yang dimilikinya. Memakan satu buah pepaya dapat membantu tubuh anda melepaskan sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit terlihat cerah dan bersinar.

5. Mangga
Buah mangga merupakan sumber vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan. Betakaroten yang dikandung mangga bersifat fotoprotektif. Hal ini berarti nutrisi yang terkandung di dalam buah mangga bisa membantu melindungi kulit dari efek negatif sinar ultraviolet matahari.

6. Belimbing
Buah belimbing kaya akan vitamin A, C, kalium, magnesium, natrium, kalsium dan juga zat besi.
Belimbing mengandung senyawa polifenol, asam galat, quercetin, dan epikatekin yang akan membalikkan proses penuaan kulit.

7. Jeruk
Buah Jeruk mengandung Vitamin C yang tinggi dan dapat membantu kulit lebih kenyal dan antioksidannya yang tinggi membantu menyembuhkan tubuh dari kerusakan. Jeruk juga mengandung banyak air yang membantu mengisi ruang diantara sel untuk meminimalkan stretch mark.

8. Kiwi
Buah kiwi kaya akan vitamin C dan vitamin K yang membantu kulit mengurangi kekurangan. Kiwi berguna membuat kulit menjadi lebih kencang dan menunda pembentukan kerutan serta garis-garis halus diwajah anda.

9. Beri
Buah beri memiliki berbagai jenis termasuk stroberi, raspberry, atau bahkan blueberry. Tidak peduli berry jenis apa yang Anda pilih, semuanya mengandung antioksidan dalam jumlah besar. Buah ini banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Buah ini juga mengandung vitamin C yang berlimpah dgn antioksidan yang tinggi yang membantu menjaga kulit dari proses penuaan.

10. Anggur
Buah anggur mengandung mangan dan vitamin C dalam jumlah tinggi. Kedua elemen ini bekerja sama membantu untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet. Sifat antioksidan dari anggur juga bermanfaat untuk menjaga kulit dari penuaan dini.

Anda disarankan untuk mengonsumsi buah 3 kali dalam sehari. Waktu yang paling baik untuk mengonsumsi buah adalah pada saat perut dalam keadaan kosong. Selain rajin mengonsumsi buah jangan lupa berolahraga, tidur cukup (7-8 jam ) dan minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari, niscaya kulit sehat, kencang, kenyal, bercahaya menjadi milik anda. Salam sehat dan selamat mencoba.

adminklub

Recent Posts

Ketahui Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam, sayur yang bentuknya seperti buah pir ini sangat dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Sayuran…

1 month ago

Si Keriting Selada dan Manfaatnya

Selada dan Manfaatnya Selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam keadaan mentah,…

5 months ago

Gambas (Oyong) dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Gambas atau oyong (Luffa acutangula) merupakan tanaman yang tergolong pada keluarga cucurbitaceae yang biasanya tumbuh…

8 months ago

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan sawi hijau bukan? Ya sayuran sawi hijau atau yang…

9 months ago

Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap…

9 months ago

Manfaat Timun: Buah Segar yang Kaya Gizi

Siapa yang tidak kenal dengan timun? Buah ini sangat sering di konsumsi masyarakat Indonesia baik…

10 months ago