Categories: General

Si Keriting Selada dan Manfaatnya

Selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam keadaan mentah, sering kita temui dalam berbagai campuran masakan seperti salad, gado-gado, burger, sandwich, asinan, dan bahkan sebagai lalapan yang dihidangkan dengan berbagai masakan seperti ikan bakar, ayam bakar, dan berbagai masakan lainnya.

Namun tahukah kita apa manfaat selada untuk kesehatan kita? Banyak orang yang menganggap sayur selada ini sebagai sayuran yang hambar, tidak ada rasa, atau bahkan hanya di anggap sebagai hiasan hidangan saja. Selada ternyata mengandunga banyak nutrisi penting yang berguna bagi kesehatan kita.

Kandungan Gizi Selada
Selada kaya akan berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Selada mengandung Vitamin K yang tinggi, Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, Vitamin C dsn E untuk antioksidan tinggi dan menjaga kecantikan kulit, Zat besi untuk memperlancar proses pembentukan sel darah, Potasium untuk memperlancar sirkulasi oksigen didalam tubuh, Asam folat yang penting untuk ibu hamil, mencegah anemia dan kesehatan alat reproduksi, Kalium untuk kesehatan jantung, Zeaxanthin untuk mengerah resiko kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh. Wah, ternyata banyak sekali ya kandungan nutrisi dari Selada.

Manfaat Selada Untuk Kesehatan
1. Menjaga kesehatan mata
Selada mengandung vitamin A ,antioksidan beta karoten, dimana kedua zat ini berguna untuk meningkatkan ketajaman mata, mencegah kerusakan retina dan untuk kesehatan mata.

2. Menjaga kesehatan jantung
Selada mengandung asam folat yang tinggi yang dapat menurunkan resiko terkena stroke atau pun penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan folat yang terkandung didalam selada dapat membantu memecah senyawa homosistein dalam darah yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada jantung apabila terlalu tinggi. Vitamin A dan C yang terkandung didalamnya juga dapat mencegah radikal bebas yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat didalam selada ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita, yaitu dengan menjaga sel-sel imun untuk melawan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Seperti vitamin A yang dapat melawan peradangan, infeksi sampai kerusakan sel tubuh.

4. Merawat kecantikan kulit
Kandungan vitamin A, C dan E yang terdapat didalam selada dapat membantu merawat kulit agar terlihat lebih kencang, sehat dan juga lembut. Kandungan air yang terdapat didalamnya juga mampu menutrisi kulit sehingga tetap lembab dan tidak kering. Ingin kulit lembat dan ternutrisi, maka mengonsumsi selada dapat menjadi salah satu cara yang alami dan murah.

5. Baik untuk ibu hamil
Kandungan folat yang tinggi didalam selada menjadikannya sebagai salah satu sumber asam folat yang bagus untuk ibu hamil, karna folat dapat menekan resiko kecacatan pada janin. Vitamin K yang terdapat di dalamnya pun dapat mencegah perdarahan setelah persalinan.

6. Mencegah pengeroposan tulang
Selada mengandung vitamin K dan kalsium yang dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang seperti osteoporosis.

7. Menurunkan berat badan
Selada mengandung serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan, sayuran ini juga mengandung air yang banyak, sehingga mengonsumsi selada dapat membuat kita kenyang lebih lama. Karna itu selada sangat bagus digunakan dalam diet anda.

8. Membantu mengontrol tekanan darah
Kalium yang terdapat didalam selada sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah Anda, jadi tidak hanya mampu untuk menurunkan tekanan darah, tapi juga dapat mengontrol agar tetap stabil, karna tekanan darah tinggi dapat meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung koroner.

9. Mengatasi Insomnia
Ketika dipotong, selada akan mengeluarkan cairan putih yang disebut lactucarium. Cairan ini dapat membuat kita merasa lebih rileks sehingga dapat tidur. Karna itu mari mengonsumsi selada untuk mengatasi insomnia.

10. Menguatkan otot
Mengonsumsi selada dapat meningkatkan kadar potasium didalam tubuh, yang berguna untuk menguatkan otot didalam tubuh,

Ternyata sungguh banyak ya manfaat selada ini, tidak heran kita sering menemukannya sebagai pelengkap berbagai hidangan makanan. Namun jangan lupa untuk mencuci bersih selada yang hendak Anda konsumsi agar  terbebas dari berbagai parasit atau bakteri, pastikan selada tersebut sudah benar-benar bersih. Mari nikmati berbagai manfaat yang terdapat didalam selada yang mudah untuk ditemukan dan dibeli dengan harga yang murah, tetapi kaya akan nutris penting untuk tubuh. Selamat mencoba, salam sehat selalu.

 

Konsultan Kesehatan

Recent Posts

Gambas (Oyong) dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Gambas atau oyong (Luffa acutangula) merupakan tanaman yang tergolong pada keluarga cucurbitaceae yang biasanya tumbuh…

6 months ago

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan sawi hijau bukan? Ya sayuran sawi hijau atau yang…

6 months ago

Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap…

7 months ago

Manfaat Timun: Buah Segar yang Kaya Gizi

Siapa yang tidak kenal dengan timun? Buah ini sangat sering di konsumsi masyarakat Indonesia baik…

8 months ago

Kacang Mete dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kacang mete atau kacang mede merupakan camilan yang memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Kacang…

8 months ago

Manfaat Buncis untuk Kesehatan Tubuh

Buncis adalah sayuran yang hampir mirip dengan kacang panjang, hanya saja buncis itu lebih pendek…

8 months ago