Daun Sirih dan Kesehatan tubuh

Hai teman-teman, apa kabar hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, yang penting tetap dirumah dan kalau keluar rumah tetap gunakan masker agar kita dan orang lain terlindung dari virus covid 19.

Kali ini kita akan membahas mengenai daun sirih. Pembahasan ini terpikirkan setelah kemarin adik saya pergi berobat ke dokter THT, dia sudah satu bulan lebih mempunyai masalah dengan tenggorokannya, sebelumnya adik saya sudah pernah kedokter umum, dan diberikan antibiotik tetapi ternyata masih tidak ada perubahan, sampai akhirnya dia sudah mulai merasa telinga nya kurang nyaman. Setelah kembali dari dokter THT, menurut dokter tenggorokannya terinfeksi bakteri dan sudah masuk kesaluran telinga, selain diberikan antibiotik kembali, ternyata dokter THT menyarankan adik saya untuk kumur rebusan daun sirih setiap hari untuk membantu membunuh bakteri ditenggorokannya. Hal inilah yang memicu keingintahuan saya  tentang daun sirih.

Daun sirih yang nama latinnya adalah Piper betle merupakan tumbuhan asli Indonesia, yang tumbuh secara merambat, dengan daun yang berbentuk hati dan mengeluarkan bau yang khas jika diremas. Tanaman Daun sirih termasuk tanaman obat karna kandungannya yang dikenal sebagai antiseptik.

Kalau kita membahas daun sirih, tentu kita ingat akan daun yang biasa dikunyah oleh orangtua zaman dulu bukan? Bahkan sampai sekarang di berbagai daerah daun sirih ini masih digunakan dalam upacara adat yang dikunyah bersama pinang, gambir, kapur dan tembakau. Khususnya daun ini akan dikunyah dalam upacara penyambutan tamu.

Kandungan Daun Sirih
Daun sirih mengandung 80-90% air, sehingga tentu saja daun sirih rendah lemak dan kalori. Selain mengandung air, daun sirih juga mengandung protein, Iodin, sodium, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Asam nikotinat, fenol sebagai antibakteri. Daun sirih juga mengandung kovikol yaitu komponen dalam minyak atsiri yang memberikan bau yang khas pada sirih.

Manfaat daun Sirih
1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk dijaga, karena mulut merupakan bagian tubuh yang rentan dengan pertumbuhan bakteri. Mengunyah sirih atau berkumur dengan rebusan air sirih akan membantu membunuh bakteri jahat didalam mulut yang menyebabkan bau mulut ataupun gigi berlubang. Daun sirih juga mengandung saponin, tanin, kalsium dan fosfor yang dapat membantu mengatasi gusi berdarah.
Rebus beberapa lembar daun sirih sampai mendidih, setelah itu tunggu sampai suam-suam kuku, lalu gunakanlah air rebusan tersebut untuk berkumur 1-2 kali setiap hari.

2. Obat batuk
Daun sirih mengandung Vitamin B, vitamin C serta alkaloid yang membantu mengatasi peradangan pada tenggorokan. ada beberapa cara mengolah daun sirih menjadi obat batuk. Yang pertama merebus sekitar 5 lembar daun sirih dalam segelas air, setelah itu dinginkan, kemudian gunakan air daun sirih tersebut untuk berkumur untuk mengurangi radang dan rasa gatal pada tenggorokan. Kedua, rendam daun sirih merah kedalam olive oil, lalu oleskan kedada untuk mengurangi radang dan hidung tersumbat yang biasa menyertai batuk flu.

3. Membantu menurunkan kadar gula darah
Daun sirih mengandung kadar antioksidan yang tinggi yang dapat mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan rusaknya sel-sel tubuh penyebab ketidak seimbangan hormon insulin. Itulah sebabnya rebusan daun sirih dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah.

4. Menurunkan kadar kolesterol
Penyakit seperti hipertensi, kolesterol, jantung, stroke disebabkan tingginya kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Daun sirih dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan LDL atau lemak jahat dalam tubuh kita, dengan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Antioksidan tinggi yang terkandung didalam daun sirih juga membantu mencegah berbagai penyakit kronis.

5. Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Daun sirih dapat membantu menormalkan PH lambung sehingga membantu meredakan maag, gejala GERD, asam lambung, dan melindungi usus dari racun dan radikal bebas. Daun sirih juga membantu meningkatkan metabolisme saluran pencernaan sehingga limbah yang terdapat didalam usus dapat dibuang dengan baik.

6. Mengobati mimisan
Tentunya hal ini sudah sangat sering dilakukan dikalangan masyarakat Indonesia, apabila ada yang mengalami mimisan, maka orangtua akan mengambil selembar daun sirih lalu menaruhnya kelubang hidung, dan tidak lama kemudian mimisan akan berhenti. Hal ini terjadi karna daun sirih mengandung antioksidan tannin yang membantu membekukan darah lebih cepat, dan mengobati luka pada pembuluh darah didalam hidung.

7. Mengatasi keputihan
Bagi kaum wanita, keputihan merupakan masalah yang sering dialami. Sebenarnya hal tersebut wajar atau normal selama keputihan yang dialami tidak berwarna, tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa gatal.
Bagi yang tidak nyaman dengan keputihan ini, dapat menggunakan rebusan daun sirih untuk membasuh vagina.
Hal ini karena daun sirih mengandung antioksidan yang tinggi seperti senyawa tanin yang berfungsi sebagai anti jamur dan mengurangi cairan pada liang vagina. Namun penggunaan rebusan daun sirih ini sebaiknya jangan terlalu sering atau berlebihan karna dapat mempengaruhi PH alami organ reproduksi perempuan. Gunakan hanya pada saat diperlukan saja.

Nah, ternyata cukup banyak ya manfaat daun sirih ini.  Silahkan dicoba sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Salam sehat selalu

 

 

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: