Connect with us

Resep

Resep Rahasia KFC Bocor, Apa Saja Bumbunya?

Resep Rahasia KFC

Resep Rahasia KFCKFC, atau Kentucky Fried Chicken, telah menjadi ikon dalam dunia restoran cepat saji dengan ayam gorengnya yang renyah dan gurih. Namun, apa yang membuatnya begitu istimewa? Ternyata, rahasia dari cita rasa menggugah selera itu terletak pada resep bumbu dan rempah yang dijaga ketat selama bertahun-tahun.

Kolonel Sanders: Sang Maestro di Balik Resep KFC

Kolonel Harland David Sanders, sosok kakek di logo KFC, adalah otak di balik kelezatan ayam goreng KFC. Sejak merintis restoran cepat saji itu pada tahun 1952, Kolonel Sanders telah menciptakan jaringan restoran yang tersebar luas di Amerika dan Kanada. Kunci kesuksesannya? Resep asli KFC yang diciptakan secara pribadi olehnya.

Bocornya Resep Rahasia KFC

Bagaimana bisa resep yang begitu dirahasiakan tiba-tiba terbongkar? Segalanya terungkap pada tahun 2016 ketika selembar kertas dengan daftar bumbu dan rempah rahasia tersebar ke publik. Joe Ledington, keponakan Kolonel Sanders, adalah sosok tak terduga yang membocorkannya. Dia menemukan resep tersebut dalam selipan buku keluarga dan membagikannya kepada media.

Daftar Bumbu dan Rempah Rahasia KFC

Berikut daftar lengkap 11 bumbu dan rempah rahasia yang menghasilkan cita rasa khas KFC:

  1. 2/3 sendok makan garam
  2. 1/2 sendok makan thyme (daun thyme, lihat gambar di bawah)
  3. 1/2 sendok makan basil (daun selasih)
  4. 1/3 sendok makan oregano (mirip kemangi, tapi sedikit pedas)
  5. 1 sendok makan seledri bubuk
  6. 1 sendok makan lada hitam
  7. 1 sendok makan mustard kering (moster, berasal dari biji sesawi yang dihaluskan)
  8. 4 sendok makan paprika bubuk
  9. 2 sendok makan bawang putih bubuk
  10. 1 sendok makan jahe bubuk
  11. 3 sendok makan lada putih

Di atas resep, tertulis instruksi untuk mencampurkan bumbu-bumbu ini dengan tepung terigu.

Daun Thyme

Daun Thyme (Sumber: Kompas)

 

daun basil selasih

Basil atau Selasih (Sumber: Halodoc)

Kontroversi seputar Resep Bocoran

Meskipun resep tersebut telah menjadi buah bibir, banyak yang mempertanyakan keakuratannya. Joe Ledington sendiri mengaku tidak yakin apakah takarannya sama persis dengan yang digunakan Kolonel Sanders. Joe mengatakan, “Itu adalah 11 bumbu dan rempah asli yang seharusnya sangat dirahasiakan.” Ia melanjutkan, “Bisa jadi, saya tidak tahu pasti.”

Pencarian Cita Rasa Sejati

Bahkan setelah bocornya resep, para penggemar KFC masih melakukan percobaan untuk menciptakan ayam goreng yang identik dengan yang dijual di restoran. Chicago Tribune bahkan mencoba langsung resep yang dibocorkan dan menemukan bahwa hasilnya cukup mirip bahkan lebih enak dari versi asli.

Pencarian Tetap Berlanjut

Meskipun bumbu dan rempah rahasia KFC telah terungkap, pencarian akan cita rasa sejati tetap berlanjut. Resep tersebut mungkin telah memudahkan para penggemar untuk mencoba membuatnya di rumah, namun kesempurnaan rasa tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan sepenuhnya. Yang pasti, kelezatan ayam goreng KFC akan terus menjadi daya tarik yang tak terbantahkan bagi para penikmat kuliner.

Sumber Gambar Col. Sanders: Biography

Continue Reading
Comments