Manfaat Buncis untuk Kesehatan Tubuh
Bagikan Halaman Ini

Buncis adalah sayuran yang hampir mirip dengan kacang panjang, hanya saja buncis itu lebih pendek dan lebih banyak mengandung air. Sayuran ini sering dikonsumsi mentah ataupun di olah menjadi berbagai jenis lauk yang sangat lezat dan bahkan sangat mudah menemukan masakan buncis ini di warteg ataupun restoran. Diluar negeri buncis sering digunakan sebagai pendamping steak.

Apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada buncis? berdasarkan penelitian para ahli, buncis mengandung kalori, serat, protein, vitamin C, vitamin K, vitamin K, asam folat, dan juga berbagai mineral seperti mangan, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan zinc.

Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut, berikut ini berbagai manfaat buncis bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Menjaga kesehatan jantung

Sayur buncis sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, karena buncis sama sekali tidak mengandung kolesterol sehingga aman untuk di konsumsi, bahkan kandungan serat yang terdapat didalam buncis dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) didalam tubuh sehingga dapat melindungi Anda dari penyakit jantung.

2. Mencegah depresi

Kadar folat yang terdapat didalam buncis  dapat mencegah kelebihan homosistein didalam tubuh. Homosistein adalah molekul yang dibutuhkan tubuh untuk mensintesi protein didalam tubuh. Jika kadar homosistein ini berlebihan maka dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah menuju otak dan mengganggu produksi hormon serotonin, neropinefrin dan dopanim yaitu hormon yang mengatur suasana hati, nafsu makan dan keinginan untuk tidur.

3. Baik untuk pencernaan

Buncis sangat baik untuk pencernaan manusia karena kandungan serat yang tinggi yang dapat merangsang pergerakan usus dengan baik sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit. Bagi yang sedang diet sangat baik mengonsumsi buncis, karena tidak mengandung lemak dan rendah kalori, tetapi kaya akan serat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

4. Menjaga kesehatan tulang

Buncis mengandung vitamin K  yang bermanfaat untuk mengubah protein dalam tulang, memaksimalkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium dari urin. Vitamin K juga mengaktifkan osteocalcin ( protein non kolagen utama) didalam tulang yang dapat menguatkan tulang dari dalam.

5. Sebagai antioksidan

Vitamin C yang terdapat dalam buncis bekerja sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel karena radikal bebas dan tentunya dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit. Selain itu buncis juga dapat mencegah kulit dari stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan dimana jumlah radikal bebas didalam tubuh melebih kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

6. Mencegah kanker

Diluar negeri, buncis sering sekali digunakan sebagai makanan pendamping untuk steak. Daging yang dibakar dengan suhu tinggi berpotensi menimbulkan efek karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Kandungan klorofil yang tinggal didalam buncis jika di konsumsi bersama dengan daging panggang dapat menurunkan efek karsinogenik tersebut.

7. Meningkatkan kesuburan wanita

Dibandingkan dengan bayam, Buncis memiliki kadar zat besi dua kali lipat lebih banyak. Makanan yang kaya akan zat besi dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita. Tambahkan vitamin C apabila tujuan Anda adalah untuk meningkatkan kesuburan, karena vitamin C membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan baik.

8. Memelihara kesehatan mata

Vitamin A yang terdapat didalam buncis dapat membantu menjaga kesehatan mata. Buncis mengandung karotenoid yang dapat mencegah dampak buruk pada penglihatan dan fungsi mata. Buncis kaya akan lutein dan zeaxanthin yang dapat menjaga kemampuan mata pada kondisi gelap.

9. Meningkatkan energi

Kadar zat besi yang tinggi dalam buncis dapat membantu pembentukan  sel darah merah yang berguna untuk menyalurkan oksigen dari paru-paru  keseluruh sel dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan energi didalam tubuh manusia.

10. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang mengikuti program diet, buncis dapat dijadikan pilihan karena sayuran ini tidak mengandung lemak sama sekali, mengandung kalori yang sangat rendah, tetapi kandungan seratnya sangat tinggi, sehingga cocok untuk digunakan sebagai menu diet Anda.

Ketika ingin mengonsumsi buncis, pilihlah buncis yang masih segar dan berwarna hijau, teksturnya masih keras dan padat saat di tekan. Kemudian cucilah buncis dibawah air mengalir selama 20 detik, setelah itu rendamlah dalam air garam selama 30 detik untuk membuang pestisida yang menempel pada sayuran. setelah itu cuci kembali dan siap untuk di olah sesuai dengan selera Anda. Tetapi jika anda tidak segera mengolahnya, simpanlah dalam wadah yang atau kantong khusus dan masukan kedalam kulkas. Waktu penyimpanan buncis didalam kulkas sebaiknya tidak lebih dari satu minggu. Dan ketika Anda memasak buncis, usahakan tidak terlalu lama karena akan mengurangi kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya.

Nah luar bisa ya manfaat buncis, mari kita masukkan buncis kedalam menu harian kita selain mudah untuk ditemukan, mengolahnya pun tidaklah sulit. Salam sehat selalu.

 

 

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.