Kacang Mete dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kacang mete atau kacang mede merupakan camilan yang memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Kacang mete sering diolah dengan cara di goreng atau di panggang dan menghasilkan kacang mete dengan rasa yang gurih, asin ataupun manis. Bahkan kacang mete sekarang mudah ditemukan di supermarket dalam kemasan siap makan dengan berbagai rasa yang menggoda, atau bahkan ditambahkan kedalam aneka kue kering ataupun coklat batangan.

Kacang mete atau kacang mede berasal dari tanaman jambu monyet, buah jambu monyet ini berbentuk lonceng, dan dibagian bawahnya terdapat biji yang berbentuk melengkung, setelah jambu monyet tersebut matang, maka biji itu akan dipisahkan dari buah jambu monyet, kemudian dikeringkan, dan setelah itu siap untuk diolah. Sebenarnya tamanan jambu monyet ini tidak termasuk kedalam jenis kacang-kacangan atau jambu-jambuan, tetapi justru lebih dekat dengan keluarga mangga.

Kacang mete mengandung kalori yang tinggi, karbohidrat, protein, lemak dan serat, selain itu juga mengandung vitamin dan mineral seperti: vitamin E, vitamin K, folat, niasin, asam pantotenat, piridoksin, thiamin, kalium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, dan seng. Luar bisa sekali ternyata kandungan nutrisi kacang mete ini.

Berikut ini beberapa manfaat kacang mete untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan jantung
Kacang mete mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida dalam darah, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu kandungan vitamin dan mineral seperti kalium, vitamin B6, asam folat dan vitamin E membantu tubuh untuk melawan penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan tulang
Kacang mete kaya akan tembaga yang penting untuk kesehatan tulang. Tembaga berperan menganti jaringan ikat dan kolagen yang rusak. Kekurangan tembaga dapat menyebabkan Anda rentan terkena penyakit sendi. Tembaga juga berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain itu kacang mete juga mengandung magnesium dan kalsium yang berguna untuk pembentukan tulang dan menjadikan tulang lebih kuat.

3. Menjaga berat badan ideal
Kacang mete mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu mencegah penumpukan lemak. Selain itu protein dan serat yang terdapat dalam kacang mete dapat membuat Anda merasa lebih kenyang dan membantu metabolisme tubuh, sehingga mencegah Anda untuk makan dengan porsi yang lebih banyak. Itulah mengapa kacang mete ini sering dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan.

4. Sumber energi
Kacang mete mengandung kalori, lemak dan karbohidrat yang merupakan sumber energi bagi tubuh. Sementara itu kandungan vitamin B6, protein, zat besi dan vitamin E, dapat menjaga agar tubuh tidak mudah lelah.

5. Mencegah anemia
Kacang mete mengandung zat besi dan tembaga yang bermanfaat untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah, karena itu kacang mete sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia.

6. Menjaga kesehatan mata
Tidak hanya wortel saja yang baik untuk kesehatan mata, ternyata kacang mete juga sangat baik untuk kesehatan mata. Kacang meteĀ  mengandung pigmen antioksidan zea xanthin dan lutein, keduanya berguna untuk membentuk lapisan pelindung pada retina mata untuk mencegah efek UV, bahkan dipercaya dapat menurunkan resiko terkena katarak.

7. Mencegah penyakit batu empedu
Kandungan lemak baik dan serat yang terdapat dalam kacang mete membantu menurunkan kolesterol jahat penyebab batu empedu. Batu empedu adalah endapan keras yang terbentuk oleh kolesterol yang menumpuk dikantong empedu. Mengonsumsi kacang mete membantu pengobatan batu empedu.

8. Menjaga kesehatan gigi dan gusi
Kandungan magnesium dalam kacang mete sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Karna itu konsumsilah kacang mete jika ingin mendapatkan gusi yang sehat.

Nah, sangat banyak ya ternyata manfaat dari kacang mete ini, bahkan bagi Anda yang adalah seorang vegetarian, kacang ini dapat digunakan sebagai pengganti daging. Bagi saya sendiri kacang mete ini sering saya gunakan sebagai pengganti santan, berikut tips nya:

Tips Kacang mete sebagai pengganti santan:
Jikalau Anda ingin memasak gulai, rendang, opor, atau masakan lainnya yang biasanya menggunakan santan untuk menambah cita rasanya, Cukup hanya menggunakan 5-6 butir kacang mete atau bisa lebih tergantung dari banyaknya porsi yang sedang dimasak. Kemudian cuci bersih kacang mete tersebut, setelah itu blender dengan menambahkan sedikit air sampai halus, kemudian tambahkan kedalam masakan, tunggu sampai mendidih sambil diaduk, setelah itu matikan kompor, dan makanan kesukaan Anda siap untuk dihidangkan. Rasa kacang mete yang diblender sama dengan rasa santan kelapa. Tunggu apalagi? selamat mencoba dan salam sehat selalu.

 

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: