Si Mungil Daun Kelor dengan Khasiat luar biasa
Bagikan Halaman Ini

Ada pepatah yang mengatakan dunia tak selebar daun kelor, ya tentu saja karna ternyata daun kelor itu memang sangat kecil dan mungil. Tetapi taukah anda, ternyata khasiat daun kelor itu tidak sekecil dan selebar ukuran daunnya. 

Di Indonesia, daun kelor ini dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang sangat sering di konsumsi, karna sangat mudah di dapatkan, rasanya nikmat dan ternyata karna kandungan gizinya juga sangat tinggi. 
Selain sebagai sayuran, daun kelor juga dikenal sebagai salah satu tanaman obat-obatan yang sudah banyak digunakan sejak dahulu kala, namun keberadaan daun kelor ini sempat terlupakan. Beberapa tahun belakangan ini, nama daun kelor mulai tenar kembali, berbagai khasiat tumbuhan  ini mulai dikembangkan, salah satunya adalah penggunaan bahan baku dari ekstrak tumbuhan seperti moringa atau daun kelor. Bahkan daun kelor kini digunakan sebagai bahan utama untuk produk-produk kecantikan.

Di luar negeri, pengonsumsian daun kelor sudah semakin maju yaitu dibuat dalam bentuk suplemen superfood yang berisikan daun kelor kering yang telah diolah menjadi bubuk. Ternyata, semua kandungan daun kelor kering lebih tinggi daripada daun kelor segar

Biar tidak semakin penasaran lagi, ayo kita belajar apa saja kandungan dari daun kelor ini. Daun kelor yang sering di gunakan adalah daun kelor segar dan daun kelor kering (moringa). Nah berikut ini kandungan:

1. Daun Kelor segar
Berdasarkan penelitian, dalam setiap 100 gram daun kelor mengandung  92 kalori energi; 6,8 gram protein; 1,7 gram lemak; 12,5 gram karbohidrat; dan 0,9 gram serat. Daun kelor juga mengandung beberapa jenis vitamin di antaranya adalah 6,78 mg karoten vitamin A; 0,06 mg tiamin (vitamin B1); 0,05 mg riboflavin (vitamin B2); 0,8 mg niasin (vitamin B3); da7 mg tembaga,; 0,85 mg zat besi; 42 mg magnesium; 70 mg fosfor; 259 mg kalium; dan 0,1n 220 mg vitamin C. Kandungan mineral daun kelor segar terdiri dari 440 mg kalsium; 0,06 mg seng.

2. Daun Kelor Kering
Pengolahan daun kelor segar menjadi daun kelor kering yang dibuat menjadi bubuk ternyata meningkatkan konsentrasi semua zat gizi kecuali vitamin C. Daun kelor kering bubuk per 100 gram mengandung 205 kalori energi; 27,1 gram protein; 2,3 gram lemak; 38,2 gram karbohidrat; dan 19,2 gram serat.. Per 100 gram daun kelor kering memiliki kandungan 18,9 mg beta karoten vitamin A; 2,64 mg tiamin (B1); 20,5 mg riboflavin (B2); 8,2 mg niasin (B3); dan 17,3 mg vitamin C.
Tak hanya itu, kandungan mineral di dalam 100 gram daun kelor kering juga meningkat yaitu 2003 mg kalsium; 0,57 mg tembaga; 28,2 mg zat besi; 368 mg magnesium; 204 mg fosfor; 1324 mg kalium; dan 0,29 mg seng.
Mungkin angkat-angka diatas masih kurang membantu kita seberapa hebatnya gizi yang terdapat didalam daun kelor. Perbandingan sederhana berikut dapat membantu kita membayangkan kandungan gizi si mungil daun kelor.

Perbandingan kandungan gizi daun kelor segar dengan bahan pangan lain adalah sebagai berikut:
Kandungan vitamin C nya ternyata 7x lipat dibandingkan dengan jeruk segar
Kandungan vitamin A sebesar 4x lipat dibandingkan dengan wortel
Kandungan kalsiumnya sebesar 4x lipat dibandingkan dengan susu
Kandungan kalsiumnya sebesar 3x lipat dibandingkan dengan pisang
Kandungan proteinnya sebesar 2x lipat dibandingkan dengan yogurt
Kandungan zat besinya sebesar 3/4x lipat dibandingkan dengan daun bayam

Perbandingan kandungan gizi daun kelor kering dengan bahan pangan lain adalah sebagai berikut:
Kandungan vitamin C sebesar 1/2x lipat dibandingkan dengan jeruk segar
Kandungan vitamin A sebesar 10x lipat dibandingkan dengan wortel
Kandungan zat besi sebesar 25x lipat dibandingkan dengan daun bayam
Kandungan kalsium sebesar 17x lipat dibandingkan dengan susu
Kandungan kalsium sebesar 15x lipat dibandingkan dengan pisang
Kandungan protein sebesar 9x lipat dibandingkan dengan yogurt

Bagaimana? Sudah dapat dibayangkan betapa tingginya gizi daun kelor ini bukan?
Nah tentunya kita juga ingin tahu apa saja manfaat dari daun kelor ini untuk kesehatan. Berikut penjelasannya:

1. Memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh
Dauh kelor dapat memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh kita berupa protein, vitamin dan mineral yang lebih banyak dibandingkan pangan lainnya.

2. Antioksidan tinggi
Daun kelor memiliki antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas. Antioksidan tinggi ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit.

3. Membantu meredakan peradangan
Daun kelor mengandung zat isotiosianat. Kandungan isotiosianat tersebut berperan sebagai zat antiinflamasi atau anti peradangan.

4. Membantu menurunkan kadar gula
Daun kelor mempunyai kandungan insulin alami yang mampu mengatasi diabetes. Rutin mengonsumsi daun kelor membantu mencegah penyakit diabetes dan membuat gula darah menjadi stabil.

5. Mengatur kadar kolesterol
Mengonsumsi daun kelor mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan zat hiocarbamate glikosida dan nitrile yang ada dalam daun kelor juga berperan sebagai menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Pada daun kelor efek penurunan kolesterolnya mirip dengan almond dan oats.

6. Mengatasi Stress
Kandungan asam amino tripofan yang ada dalam daun kelor berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Jika Anda mengalami stres, otomatis imunitas tubuh turun.

7. Mengatasi infeksi bakteri
Daun kelor juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat perkembangan bakteri jahat dan berbahaya di dalam tubuh kita.

8. Mencegah Anemia
Daun kelor memiliki kandungan Zat besi yang cukup tinggi yang dapat membantu untuk mencegah anemia.

9. Membantu mengatasi kanker
Daun kelor ternyata mempunyai kemampuan untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker, sehingga membantu kemoterapi menjadi lebih efektif.

10.Baik untuk anak yang malnutrisi
Daun kelor yang kaya akan gizi ini dapat membantu anak-anak malnutrisi meningkatkan berat badan, hal ini akan terlihat setelah mengonsumsi bubur kelor selama dua bulan secara teratur.

Sungguh hebat ya si kecil mungil yang kaya akan gizi ini. Pastikan untuk mencantumkan daun kelor ke dalam menu makanan sehari-hari. Bagi Anda yang kesulitan untuk mencari dauk kelor segar, sekarang ini sudah banyak tersedia ekstrak daun kelor kering berupa bubuk maupun kapsul yang dapat di beli dengan mudah. Tentunya pastikan suplemen atau ekstrak tersebut sudah tercantum di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan keamanannya.

Selamat menikmati daun kelor yang kecil dengan manfaat yang besar!


Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.