Gambas (Oyong) dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
Bagikan Halaman Ini

Gambas atau oyong (Luffa acutangula) merupakan tanaman yang tergolong pada keluarga cucurbitaceae yang biasanya tumbuh pada daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Tanaman ini tumbuh merambat dan dipanen ketika masih muda dan diolah menjadi sayur. Gambas atau oyong sangat mudah untuk didapatkan dan banyak tersedia di pasar tradisional ataupun supermarket. Meski banyak dikenal tapi ternyata masih banyak orang yang tidak tahu apa saja manfaat dari gambas atau oyong ini. Mari kita kenali beragam kandungan dan manfaat gambas atau oyong.

Kandungan nutrisi gambas atau oyong
Gambas atau oyong merupakan tanaman yang kaya akan nutrisi. Gambas atau oyong mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, mangan, kalium, magnesium, zat besi, fosfor dan tembaga.

Manfaat gambas atau oyong

1. Menjaga kesehatan jantung
Gambas atau oyong mengandung vitamin B5 yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida dan mencegah penyakit jantung,

2. Mencegah nyeri otot
Gambas atau oyong mengandung kalium yang berfungsi untuk menyeimbangkan cairan dan melemaskan otot. Kadar kalium yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan kram otot, nyeri otot dan juga kejang.

3. Antiradang
Biji gambas atau oyong mengandung flavonoid dan asam fenolik yang bersifat antiradang. Biji gambas atau oyong memberikan anti-inflamasi yang dapat meredakan rasa nyeri akibat peradangan.

4. Mencegah diabetes
Gambas atau oyong kaya akan magnesium yang berguna untuk proses glukoneogenesis dalam tubuh atau metabolisme glukosa.

5. Mencegah anemia
Vitamin B6 yang dikandung oleh gambas atau oyong sangat bermanfaat untuk menghasilkan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin berfungsi untuk mobilisasi zat besi dan membawa oksigen keseluruh sel-sel dalam tubuh dan juga ke otak. Mengonsumsi oyong dapat membantu anda mengatasi masalah anemia.

6. Mengatasi migrain
Migrain juga dapat disebabkan oleh kurangnya jumlah magnesium didalam tubuh. Magnesium yang terdapat dalam gambas atau oyong dapat membantu mengatasi migrain, karena magnesium yang terdapat dalam gambas atau oyong dapat menyeimbangkan neuotransmitter dalam sel-sel saraf di otak.

7. Mengurangi artritis
Artritis merupakan peradangan pada persendian disertai dengan rasa sakit, kaku, bengkak dan keterbatasan gerak. Kandungan tembaga didalam gambas atau oyong memberikan efek anti-inflamasi yang berguna mengurangi rasa nyeri dan kekakuan yang terjadi karna radang sendi.

8. Mencegah kanker
Sayur gambas atau oyong mengandung turunan asam lemak yaitu senyawa acetogenins. Kandungan senyawa acetogenins ini merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Oleh sebab itu rajin mengonsumsi sayur gambas atau oyong dapat membantu mencegah penyakit kanker.

9. Kesehatan kulit
Sayur gambas atau oyong mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C dalam oyong dapat membantu mencegah penuaan dini, menangkal radikal bebas, mencegah kulit keriput dan kering. Mengonsumsi gambas atau oyong secara teratur tentu saja dapat membantu Anda tetap awet muda.

10. Menjaga kesehatan mata
Sayur gambas atau oyong mengandung vitamin A yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, selain itu vitamin A berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan sel dan mencegah penyakit mata.

Ternyata manfaat sayur gambas dan oyong tidak kalah dari sayuran lainnya ya. Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi sayuran ini atau menambahkannya ke menu mingguan Anda, karna selain mudah didapatkan, sayuran ini juga sangat mudah untuk diolah. Anda dapat mengolahnya dengan cara ditumis atau dibuat menjadi sayur sop yang lezat. Selamat mencoba aneka manfaat dari sayur gambas atau oyong. Salam sehat selalu

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.