Manfaat Kangkung Bagi Tubuh
Bagikan Halaman Ini

Kangkung adalah salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia, bahkan sangat mudah untuk di temukan, karna kangkung tumbuh dengan sangat mudah di pinggiran sawah, sungai atau bahkan kebun. Perawatan tanaman kangkung ini juga sangatlah gampang. Kangkung merupakan sayuran yang sangat sering di konsumsi oleh masyarakat Indonesia karna rasanya yang nikmat setelah diolah menjadi tumis kangkung, cah kangkung dan lain sebagainya.

Kangkung terkadang disepelekan karna harganya yang murah dan sangat mudah untuk didapatkan, tetapi tahukah anda bahwa kangkung mengandung nutrisi yang tinggi dan menyimpan banyak kegunaan bagi tubuh kita? Kangkung mengandung banyak vitamin dan mineral diantaranya adalah protein , karbohidrat, vitamin C , vitamin A, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, asam amino, natrium, dan Vitamin B9.

Setelah mengetahui kandungan gizi dalam kangkung, sekarang mari kita lihat manfaat kangkung bagi tubuh kita:

1. Mengatasi Insomnia

Kandungan magnesium di dalam kangkung dapat membantu mengurangi gejala insomnia secara efektif dan memperbaiki waktu tidur yang tidak teratur.

2. Mencegah Anemia

Kangkung banyak mengandung zat besi dan fosfor yang membantu mencegah anemia. Zat ini meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin yang sangat di perlukan tubuh untuk mengangkut oksigen keseluruh orang tubuh kita. Untuk mengatasi anemia pilihlah kangkung yang muda karna kandungan zat besinya lebih tinggi.

3. Membantu menjaga kesehatan hati (liver)

Kangkung membantu tubuh dalam memodulasi enzim detoksifikasi, antioksidan yang memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati oleh bahan kimia dan radikal bebas. Penyakit kuning dan sejenisnya dapat di bantu pengobatannya dengan mengonsumsi kangkung.

4. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi kangkung secara rutin dapat membantu tubuh menghindarkan berkembangnya diabetes. Terutama pada ibu hamil dan janinnya, kangkung dapat mencegah diabetes karna antioksidan yang menangkal oksidasi penyebab diabetes.

5. Mengatasi gangguan pencernaan

Kangkung mengandung serat yang sangat tinggi sehingga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Caranya adalah dengan meminum rebusan air kangkung secara teratur.

6. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam kangkung mampu melindungi kornea dan lapisan mata dari virus dan infeksi bakteri, sehingga memungkinkan kita untuk mempertahankan penglihatan yang sehat. Vitamin A juga dapat meningkatkan produksi cairan pada mata, sehingga mata kita tidak menjadi kering

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan tinggi vitamin C pada kangkung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, dan bertindak sebagai antioksidan dan melawan kerusakan sel-sel tubuh, serta mencegah kita terkena penyakit kronis seperti infeksi bakteri dan virus, penyakit jantung dan lain sebagainya.

8. Mengatasi masalah kulit

Kandungan kangkung secara menyeluruh dapat membuat kulit kita lebih sehat. Kandungan gizi didalam kangkung dapat menjaga pertumbuhan sel dan melindungi dari elemen berbahaya lainnya sehingga dipercaya sebagai komponen anti penuaan.  Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terlihat lebih muda, konsumsilah kangkung.

9. Menjaga kesehatan jantung

Vitamin A dan C dalam kangkung dapat melindungi tubuh dari penyakit yang berhubungan dengan jantung.

10. Mencegah sel kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kangkung dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker didalam tubuh kita. Antioksidan yang tinggi meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah penyakit kronis.

Karena tumbuhan kangkung ini sangat mudah tumbuh di lingkungan air seperti sawah dan sungai, pastikan anda mencucinya dengan bersih sebelum mengolahnya. Cucilah dengan air yang mengalir dan rendamlah dalam air garam selama 30 menit untuk memastikan cacing dan telur parasit pada kangkung sudah hilang, sehingga kita terhindar dari penyakit yang timbul karna cacing dan parasit. Setelah itu olahlah kangkung sesuai selera anda, bisa dengan di tumis, cah kangkung, memasaknya dengan tauco atau mengolahnya menjadi bubur manado yang sangat lezat. Tetapi yang perlu di ingat saat mengolah kangkung ini adalah jangan memasaknya terlalu lama karena kandungan gizinya akan sangat berkurang.

Setelah membaca kandungan dan manfaat kangkung diatas, ternyata tidak sia-sia bukan jika anda memasukan sayur kangkung kedalam menu makanan anda. Walaupun murah meriah dan mudah didapatkan dan mudah untuk diolah, ternyata manfaatnya luar biasa bagi tubuh kita. Salam sehat selalu

 

 

 

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.