Connect with us

Sejarah

Apa Itu Isra Mi’raj? Sejarah dan Filosofi Singkat

Sejarah Isra Miraj

Latar Belakang dan Sejarah Isra Mi’raj

Isra Mi’raj adalah peristiwa luar biasa dalam sejarah Islam yang terjadi pada malam yang dikenal sebagai Lailat al-Isra, atau Malam Perjalanan Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini terjadi pada tahun ke-12 kenabian Nabi Muhammad, ketika beliau diangkat ke langit dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem dalam perjalanan yang disebut sebagai Isra. Selanjutnya, Nabi Muhammad melakukan perjalanan spiritual ke langit, yang disebut sebagai Mi’raj, di mana beliau menerima petunjuk langsung dari Allah SWT dan menikmati pengalaman yang luar biasa.

Isra Mi’raj dirayakan oleh umat Muslim setiap tahun pada tanggal 27 Rajab dalam penanggalan Islam. Peringatan ini memiliki makna spiritual yang dalam bagi umat Islam, karena memperingati momen penting dalam kehidupan Nabi Muhammad yang menegaskan kebesaran dan kedekatan Allah SWT dengan hamba-Nya.

Singkatnya:

Perjalanan Isra:

  • Nabi Muhammad SAW dijemput oleh malaikat Jibril dan Buraq di Masjidil Haram di Makkah.
  • Mereka melakukan perjalanan ke Masjidil Aqsa di Yerusalem.
  • Di sana, Nabi Muhammad SAW memimpin salat bersama para nabi terdahulu.

Perjalanan Miraj:

  • Dari Masjidil Aqsa, Nabi Muhammad SAW naik ke langit dengan Buraq.
  • Nabi Muhammad SAW bertemu dengan berbagai tanda-tanda kebesaran Allah SWT, termasuk para nabi terdahulu, surga, neraka, dan Sidratul Muntaha.
  • Di Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad SAW menerima perintah salat lima waktu langsung dari Allah SWT.

Pesan Penting

Peringatan Isra Mi’raj juga mengandung pesan-pesan penting tentang kekuasaan, kebijaksanaan, dan kasih sayang Allah SWT terhadap umat manusia. Pengalaman Isra Mi’raj menjadi bukti nyata akan kemuliaan Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah. Dan merupakan bagian dari mukjizat yang diberikan kepada beliau untuk memperkuat iman dan keyakinan umat Islam.

Peringatan Isra Mi’raj juga merupakan momen refleksi bagi umat Islam untuk mengambil pelajaran dari perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW. Meneladani nilai-nilai kesabaran, ketabahan, serta kepercayaan kepada Allah SWT. Dengan merayakan dan mengingat peristiwa ini, umat Muslim di seluruh dunia diingatkan akan pentingnya menjaga hubungan yang erat dengan Allah SWT, serta meneguhkan komitmen dalam menjalankan ajaran-Nya.

Momen yang Sakral

Secara keseluruhan, peringatan Isra Mi’raj adalah momen yang sakral bagi umat Islam di seluruh dunia. Hal ini mengingatkan mereka akan pentingnya menjaga iman, menghormati kehendak Allah SWT, dan mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan.

Sumber Gambar: RRI

Continue Reading
Comments