Connect with us

Berita

Biodata Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo

Sebagai Gubernur Jawa Tengah

Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018 dan 2018-2023. Ia juga merupakan salah satu kandidat calon presiden Indonesia untuk pemilihan umum 2024.

Ganjar Pranowo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 28 Oktober 1968. Ia merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM).

Karier politik Ganjar Pranowo dimulai pada tahun 2000, ketika ia terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Ia kemudian menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI-P di DPR pada periode 2004-2009.

Pada tahun 2013, Ganjar Pranowo terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah. Ia kembali terpilih pada tahun 2018.

Ganjar Pranowo dikenal sebagai sosok yang merakyat dan dekat dengan masyarakat. Ia juga dikenal sebagai sosok yang tegas dan berwibawa.

Berikut adalah biodata Ganjar Pranowo:

  • Nama:¬†Ganjar Pranowo
  • Tempat tanggal lahir: Karanganyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968
  • Pendidikan:
    • Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Karier:
    • Anggota DPR dari PDI-P (2004-2013)
    • Ketua Fraksi PDI-P di DPR (2004-2009)
    • Gubernur Jawa Tengah (2 periode: 2013-2018, 2018-2023)

Agama

Ganjar Pranowo beragama Islam. Ia menikah dengan Siti Atikoh Supriyanti dan memiliki satu anak, yaitu Muhammad Zinedine Alam Ganjar.

Masa Kecil

Masa kecil Ganjar Pranowo dihabiskan di dua tempat, yaitu di Desa Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, hingga kelas V Sekolah Dasar (SD), dan di Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, hingga lulus SMA.

Ganjar lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya, Pamudji, berprofesi sebagai polisi, sedangkan ibunya, Sri Suparni, adalah ibu rumah tangga. Kondisi ekonomi keluarga Ganjar sempat mengalami kesulitan, bahkan gaji ayahnya selalu habis untuk membayar utang kebutuhan hidup.

Meski demikian, Ganjar menjalani masa kecilnya dengan penuh semangat. Ia dikenal sebagai anak yang cerdas, aktif, dan berjiwa sosial. Ganjar juga dikenal sebagai anak yang ramah dan suka membantu orang lain.

Salah satu teman SD Ganjar di Tawangmangu, Ngadiman Adi Partono, mengatakan bahwa Ganjar sejak kecil sudah menunjukkan bakat kepemimpinan. Ia juga dikenal sebagai anak yang suka berbagi kepada teman-temannya yang kurang mampu.

“Dia (Ganjar) sejak kecil sudah berjiwa pemimpin. Dulu jadi ketua kelas, bisa menggerakkan teman-teman. Teman yang tidak punya dibantu, uang sakunya dibagi,” ujar Ngadiman.

Ganjar melanjutkan pendidikannya ke SMP Negeri 1 Kutoarjo, kemudian SMA Negeri 1 Kutoarjo. Di SMA, Ganjar aktif di berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga, organisasi, dan kesenian.

Setelah lulus SMA, Ganjar melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM). Di UGM, Ganjar juga aktif di berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti olahraga, organisasi, dan seni.

Ganjar Pranowo menikah dengan Siti Atikoh Supriyanti pada tahun 1998. Mereka dikaruniai dua orang anak, yaitu Muhammad Rafi Anam dan Muhammad Rizki Aulia Nugraha.

Masa kecil Ganjar Pranowo telah membentuk karakternya menjadi sosok yang cerdas, aktif, berjiwa sosial, dan tegas. Karakter-karakter tersebut telah mengantarkan Ganjar menjadi salah satu pemimpin politik di Indonesia.

Sumber: Wikipedia

Continue Reading
Comments