Connect with us

Berita

Legenda Sepak Bola Dunia Franz Beckenbauer Meninggal Dunia

Franz Beckenbauer

The Legend

Franz Beckenbauer, salah satu legenda sepak bola dunia, meninggal dunia pada usia 78 tahun. Kabar duka ini disampaikan pihak keluarga Beckenbauer pada Senin (8/1/2024) malam WIB.

Beckenbauer meninggal dunia di Salzburg, Austria, pada Minggu (7/1/2024) malam waktu setempat. Ia meninggal dengan tenang dalam tidurnya, dikelilingi oleh keluarga dan kerabatnya.

Beckenbauer adalah salah satu pemain dan pelatih terbaik sepanjang masa. Ia memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, menjadikannya salah satu dari tiga orang di dunia yang mencapai prestasi tersebut.

Sebagai pemain, Beckenbauer memenangkan Piala Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974 bersama Jerman Barat. Ia juga memenangkan lima gelar Bundesliga dan tiga gelar Liga Champions bersama Bayern Munich.

Beckenbauer kemudian menjadi pelatih Jerman Barat dan memenangkan Piala Dunia 1990. Ia juga menjabat sebagai presiden Bayern Munich selama dua periode.

Julukan

Beckenbauer dijuluki “Der Kaiser” karena gayanya yang elegan, dominasi, dan kepemimpinannya di lapangan. Ia adalah seorang pemain serbaguna yang dapat bermain di berbagai posisi, termasuk bek tengah, gelandang, dan penyerang. Beliau adalah salah satu pemain dan manajer sepak bola terbesar dalam sejarah. Ia menjadi tokoh kunci dalam sukses tim nasional Jerman memenangkan Piala Dunia pada tahun 1974, baik sebagai kapten lapangan maupun sebagai pelatih. Beckenbauer juga dikenal sebagai pemain bertahan yang elegan dan memiliki visi tak tertandingi dalam memimpin permainan

Kepergian Beckenbauer merupakan kehilangan besar bagi dunia sepak bola. Ia adalah seorang legenda yang menginspirasi banyak orang di seluruh dunia.

Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Beckenbauer.

“Franz Beckenbauer adalah salah satu pemain dan pelatih terhebat dalam sejarah sepak bola,” kata Infantino. “Ia adalah seorang visioner yang membantu mengembangkan sepak bola di seluruh dunia.”

Presiden UEFA Aleksander Ceferin juga menyampaikan belasungkawa.

“Franz Beckenbauer adalah seorang legenda sepak bola yang sejati,” kata Ceferin. “Ia adalah seorang pemain, pelatih, dan pemimpin yang luar biasa.”

Franz Beckenbauer telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam dunia sepak bola, baik sebagai pemain, pelatih, maupun tokoh olahraga. Beckenbauer akan dikenang sebagai salah satu legenda sepak bola terbesar sepanjang masa.

Sumber Gambar: FC Bayern

Continue Reading
Comments