Connect with us

Berita

Memperkenalkan Gemini: Model AI Google yang Terbesar dan Paling Mumpuni

Gemini Model AI Google

Dengan motto “Menjadikan AI lebih bermanfaat bagi semua orang“, Google telah meluncurkan Gemini: Model AI Google yang Terbesar dan Paling Mumpuni!

Memperkenalkan Gemini

Oleh Demis Hassabis, CEO dan Salah Satu Pendiri Google DeepMind, atas nama tim Gemini:

AI telah menjadi fokus pekerjaan saya, begitu pula banyak rekan peneliti saya. Sejak memprogram AI untuk permainan komputer saat remaja, dan selama bertahun-tahun sebagai peneliti ilmu saraf yang mencoba memahami cara kerja otak, saya selalu percaya bahwa jika kita dapat membuat mesin yang lebih cerdas, kita dapat memanfaatkannya untuk memberi manfaat bagi umat manusia dengan cara yang luar biasa. cara.

Janji akan dunia yang diberdayakan secara bertanggung jawab oleh AI terus mendorong pekerjaan kami di Google DeepMind. Sejak lama, kami ingin membangun model AI generasi baru, yang terinspirasi oleh cara manusia memahami dan berinteraksi dengan dunia. AI yang tidak terasa seperti perangkat lunak cerdas, melainkan lebih seperti sesuatu yang berguna dan intuitif — seorang penolong atau asisten ahli.

Hari ini, kami selangkah lebih dekat dengan visi ini dengan memperkenalkan Gemini, model paling mumpuni dan umum yang pernah kami buat.

Gemini adalah hasil upaya kolaboratif berskala besar yang dilakukan tim di seluruh Google, termasuk kolega kami di Google Research. Teknologi ini dibangun dari awal menjadi multimodal, yang berarti dapat menggeneralisasi dan memahami dengan lancar, beroperasi di seluruh dan menggabungkan berbagai jenis informasi termasuk teks, kode, audio, gambar, dan video.

Gemini juga merupakan model kami yang paling fleksibel — mampu menjalankan segala hal secara efisien mulai dari pusat data hingga perangkat seluler. Kemampuan canggihnya akan secara signifikan meningkatkan cara pengembang dan pelanggan perusahaan membangun dan meningkatkan skala dengan AI.

Kami telah mengoptimalkan Gemini 1.0, versi pertama kami, untuk tiga ukuran berbeda:

  • Gemini Ultra — model kami yang terbesar dan paling mumpuni untuk tugas-tugas yang sangat kompleks.
  • Gemini Pro — model terbaik kami untuk menskalakan berbagai tugas.
  • Gemini Nano — model kami yang paling efisien untuk tugas di perangkat.

Kinerja “State-of-the-art”

Kami telah menguji model Gemini kami secara ketat dan mengevaluasi kinerjanya dalam berbagai tugas. Dari pemahaman gambar alami, audio dan video hingga penalaran matematis, kinerja Gemini Ultra melampaui hasil mutakhir saat ini pada 30 dari 32 tolok ukur akademik yang banyak digunakan dalam penelitian dan pengembangan model bahasa besar (LLM).

Dengan skor 90,0%, Gemini Ultra adalah model pertama yang mengungguli pakar manusia dalam MMLU (pemahaman bahasa multitask masif), yang menggunakan kombinasi 57 mata pelajaran seperti matematika, fisika, sejarah, hukum, kedokteran, dan etika untuk menguji kedua dunia. pengetahuan dan kemampuan memecahkan masalah.

Pendekatan benchmark baru kami terhadap MMLU memungkinkan Gemini menggunakan kemampuan penalarannya untuk berpikir lebih hati-hati sebelum menjawab pertanyaan sulit, sehingga menghasilkan peningkatan signifikan dibandingkan hanya menggunakan kesan pertamanya.

Link ke situs Gemini adalah https://deepmind.google/

Sumber Berita: Google Blog

Sumber Gambar: Rilis.id

Continue Reading
Comments