Vertigo
Image source: hiddenhearingblog.com

Penyebab Dari Penyakit Vertigo Itu Sendiri

  • keadaan lingkungan
  • obat-obatan
  • kelainan sirkulasi
  • kelainan di telinga
  • atau kelainan neurologis.
  • Beberapa faktor yang menyebabkan vertigo antara lain karena serangan migren, radang pada leher, mabuk kendaraan, infeksi bakteri pada alat pendengaran dan kekurangan asupan oksigen ke otak. Penderita merasa seolah-olah dirinya bergerak atau berputar atau penderita merasakan seolah-olah benda di sekitarnya bergerak atau berputar.


Gejala Penyakit Vertigo

  1. Mengalami Pusing yang luar biasa
  2. Kepala serasa ringan
  3. Rasa terapung, terayun dan melayang
  4. Sering Mual
  5. Keluar Keringat dingin
  6. Wajah Pucat
  7. Muntah-muntah
  8. Sempoyongan ketika berdiri dan berjalan
  9. Nistagmus ( gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah)


Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Vertigo yakni :

  1. Semua jenis daging
  2. Masakan yang di goreng (ikan asin, emping)
  3. santan kental
  4. nasi yang dicampur (nasi uduk, nasi ulam, nasi kebuli)
  5. berbagai macam kue dan selai (kue bolu, martabak, mentega, keju, susu)
  6. berbagai macam jenis jeroan
  7. bumbu masak kemasan
  8. berbagai macam telur (telur asin, telur ayam)
  9. buah-buahan yang tebal kulitnya seperti durian, nangka, jengkol, pete
  10. minuman : es, minuman yang mengandung alkohol.

Berikut adalah pengobatan vertigo secara alami yang bisa anda terapkan di rumah:

1. Posisikan kepala lebih tinggi dari badan anda saat duduk maupun berbarik. Jangan terlalu sejajar atau bahkan lebih tinggi dari badan (menunduk).

2. Angkat atau menggerakan badan, terutama bagian kepala anda secara perlahan. Sebaiknya, sebelum berdiri dari kasur, anda duduk terlebih dahulu, sehingga gerak badan anda tidak terlalu drastis.

3. Jika vertigo anda sudah cukup parah, maka pengobatan vertigo secara alami bisa anda mulai dengan meminimalisir kegiatan yang mengharuskan anda membungkuk, misalnya saat mengangkat barang atau membasuh bagian kaki ketika mandi

4. Hindari kegiatan mendongakkan kepala. Perubahan posisi kepala anda berperan penting sebagai pemicu serangan sakit kepala dahsyat dari vertigo tersebut.

Obat Herbal Untuk Pengobatan Vertigo
Selain beberapa langkah pencegahan yang sudah dijelaskan di atas, cara pengobatan alami lainnya adalah dengan menggunakani pengobatan vertigo secara alami. Berikut adalah beberapa ramuan herbal yang bisa anda manfaatkan:

1. Kulit manggis, mengandung antioksidan, vitamin B1, B2 dan C serta kaya akan kalsium, sodium, potassium dan zat besi yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat serangan radikal bebas. Kulit manggis ini dipercaya mampu mencegah penyakit yang merusak system syaraf dengan cara melindungi protein yang akan diserap tubuh anda, sel, serta jaringan dan organ-organ tubuh lainnya,

2. Daun sirsak, memiliki Kandungan seperti acetogenins, lemak, fosfor, fruktosa, besi, vitamin A, kalsium dan vitamin B. Senyawa acetogenins dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, stress, serta depresi. Kandungan ini juga dapat menyeimbangkan system syaraf yang kurang baik.

Kedua tanaman herbal tersebut saat ini sudah tersedia dalam kemasan siap pakai yang telah diolah secara modern dan higienis, sehingga anda hanya perlu meminum kapsul dengan kandungan kedua tanaman herbal tersebut.

Sumber: http://obatherbalpenyakitvertigodot.wordpress.com/
Sumber: http://langkahsehat.com/berikut-adalah-pengobatan-vertigo-secara-alami/

Leave a Reply

%d bloggers like this: