Connect with us

Berita

Chong Sung Kim, Caleg Golkar Naturalisasi dari Korea

Chong Sung Kim

Tanggapan Chong Sung Kim Atas Hoax yang Beredar

Caleg DPR RI dari Partai Golkar, Chong Sung Kim, menanggapi dengan tegas pemberitaan tidak benar atau hoaks terkait dugaan bahwa ia baru menjadi warga negara Indonesia (WNI) selama satu tahun. Faktanya, Chong Sung Kim telah memiliki paspor Indonesia sejak sepuluh tahun yang lalu, tepatnya sejak tahun 2013. Pria yang berasal dari Korea Selatan ini telah menjalani proses pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta, Rusdianto, pada Rabu (23/10/2013) pukul 09.30 WIB, di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta.

Chong Sung Kim, yang akrab disapa Bang Kim, menegaskan bahwa tuduhan baru mengenai status kewarganegaraannya adalah hoaks. Ia telah tinggal di Indonesia selama 31 tahun 4 bulan, dengan KTP Jakarta yang sudah ia pegang selama lebih dari 10 tahun. “Jadi isu itu hoaks, nggak benar. Semoga Tuhan memberikan hidayah kepada tukang menyebar hoaks. Sudah nggak usah dengar. Itu enggak benar,” ujarnya dengan tegas.

Orang Korea Pertama sebagai Caleg DPR RI

Sebagai seorang politisi dan advokat, Chong Sung Kim tercatat sebagai caleg Golkar untuk daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta II, yang melibatkan Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri. Ia mendapatkan nomor urut 7 dari Partai Golkar sejak tinggal di Indonesia, khususnya di Jakarta Timur.

Beliau adalah seorang pria kelahiran Korea Selatan, telah lama menjadi warga negara Indonesia. Namanya mencuat ke permukaan beberapa waktu lalu ketika ia diumumkan sebagai calon legislatif dari Partai Golkar. Keaktifannya di dunia politik dan hukum di Indonesia patut diperhatikan. Sejak berada di Indonesia, Kim telah aktif sebagai seorang advokat dan bahkan mendirikan firma hukum bernama Indaoyang and Partners Law Firm. Beliau merupakan caleg DPR RI pertama yang berasal dari Korea.

Terkait dengan masa depannya di dunia politik, Kim berencana untuk ikut serta dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 sebagai Bacaleg DPR RI untuk DKI Jakarta. Rencana ini menunjukkan keterlibatan dan komitmennya terhadap perjalanan politik di Indonesia.

Perkembangan Terbaru

Pada perkembangan terbaru, nama Kim kembali mencuat ke permukaan setelah banner kampanyenya terpampang di beberapa lokasi strategis di jalanan Jakarta Selatan. Sebuah foto banner tersebut diunggah oleh akun @socialiteghibah, dan mendapatkan respons positif dari warganet yang turut membagikan foto kampanye Chong Sung Kim.

Dengan demikian, Kim membuktikan bahwa dirinya bukan hanya seorang caleg yang memiliki latar belakang asing, tetapi juga telah lama menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Melalui keterlibatannya dalam berbagai bidang, terutama sebagai advokat dan politisi, ia memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan bangsa. Dukungan dari warganet terhadap kampanyenya juga menjadi cermin bahwa Chong Sung Kim memiliki potensi yang diakui dan diapresiasi oleh masyarakat.

Video berikut menampilkan beberapa baliho beliau yang terpasang di daerah Jalan Proklamasi hingga Jalan Penataran, Jakarta Pusat:

Sumber Gambar: Partai Golkar

Continue Reading
Comments