Connect with us

Bencana

Banyak Warga Buang Sampah Sembarangan, DKI Banjir Lagi

jakarta banjir

Hujan Deras Berjam-jam

Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota pada Rabu (3/4/2024) malam hingga Kamis (4/4/2024) dini hari kembali mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah Jakarta.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, hingga Kamis pagi, sebanyak 40 rukun tetangga (RT) di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat terendam banjir. Ketinggian air bervariasi antara 20 sentimeter hingga 1 meter.

Selain merendam permukiman, banjir juga menggenangi lima ruas jalan, yaitu Jalan Sisingamangaraja, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said, dan Jalan MH Thamrin.

Sodetan Sungai Ciliwung untuk Atasi Banjir

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, mengatakan, Pemprov DKI terus berupaya mengatasi banjir di Ibu Kota. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun sodetan Ciliwung.

“Sodetan Ciliwung ini diharapkan dapat membantu mengalirkan air dari Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) sehingga dapat mengurangi risiko banjir di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan,” kata Joko di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Dilarang Keras Buang Sampah Sembarangan!

Namun, Joko juga menegaskan bahwa upaya penanggulangan banjir tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah. Ia meminta peran aktif masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama dengan tidak membuang sampah ke kali.

“Kami menginginkan berharap agar dukungan dari masyarakat juga, ya misalnya membuang sampah tertib, tidak di kali,” ujar Joko.

Lebih lanjut, Joko mengatakan, Pemprov DKI akan terus melakukan normalisasi sungai dan waduk untuk meningkatkan daya tampung air. Selain itu, Pemprov DKI juga akan membangun lebih banyak pompa air dan pintu air untuk mengendalikan aliran air.

“Kita juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” kata Joko.

Evakuasi Korban Banjir

Sementara itu, Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan, pihaknya telah mengerahkan personel dan peralatan untuk membantu warga yang terkena dampak banjir.

“Petugas sudah di lapangan untuk membantu evakuasi warga dan mengantarkan bantuan logistik,” kata Isnawa.

Isnawa mengimbau kepada warga Jakarta untuk selalu waspada terhadap potensi banjir, terutama saat musim hujan.

“Warga diimbau untuk selalu memantau informasi cuaca dan mengikuti arahan dari petugas,” kata Isnawa.

Sumber Gambar: Kompas

Continue Reading
Comments