Connect with us

Bencana

Dua Gempa dan Banjir Melanda Indonesia di Hari Isra Miraj

Indonesia kembali diguncang oleh bencana alam pada hari ini, Kamis (8/2/2024), yang bertepatan dengan hari libur nasional Isra Miraj. Dua kali gempa bumi terjadi di Jawa Barat dan Maluku, sementara banjir meluas di Jawa Tengah.

 

Gempa Bumi di Jawa Barat dan Maluku

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi pertama terjadi pada pukul 01:31:03 WIB di Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, dengan kekuatan magnitudo 4,5 dan kedalaman 29 kilometer1. Pusat gempa berada di laut 80 kilometer barat daya Kota Sukabumi. Gempa dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Gempa bumi kedua terjadi pada pukul 02:33:39 WIB di wilayah Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku, dengan kekuatan magnitudo 5,3 dan kedalaman 18 kilometer1. Pusat gempa berada 39 kilometer tenggara Seram Bagian Timur. Episenter gempa berada pada koordinat garis Lintang -3.23 dan garis Bujur 130.82.

Belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat kedua gempa bumi tersebut. BMKG juga tidak mengeluarkan peringatan tsunami.

Banjir di Jawa Tengah

Sementara itu, bencana banjir yang terjadi di 71 desa di 16 kecamatan di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mulai surut hari ini2. Tim relawan dari BPBD maupun berbagai elemen masyarakat bekerja sama membersihkan jalan maupun fasilitas umum yang terendam air.

Banjir di Grobogan disebabkan oleh meluapnya Sungai Bengawan Solo akibat hujan deras yang mengguyur wilayah hulu sungai. Banjir juga mengakibatkan sejumlah jembatan putus dan ribuan hektare lahan pertanian terendam.

Di sisi lain, banjir juga meluas di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang berbatasan dengan Grobogan. Banjir di Demak dipicu oleh rob atau pasang air laut yang tinggi, yang menyebabkan air sungai tidak bisa mengalir ke laut. Banjir di Demak menggenangi sekitar 2.000 rumah warga di 10 desa di tiga kecamatan.

Cuaca Berawan di Jakarta

Di ibu kota Jakarta, cuaca hari ini berawan dari pagi hingga sore, menurut data laman resmi BMKG3. Suhu udara berkisar antara 24-32 derajat Celcius, dengan kelembaban 70-95 persen. Angin bertiup dari arah barat laut dengan kecepatan 5-25 kilometer per jam.

BMKG memprakirakan bahwa cuaca di semua wilayah DKI pada pagi hari berawan. Sementara pada siang hari Jakarta Pusat, Utara, Selatan, Barat, dan Timur, diprakirakan berawan tebal, sementara hanya Kabupaten Kepulauan Seribu yang cerah berawan dari siang hingga sore hari.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia, khususnya di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Sumber Gambar: Liputan6

Continue Reading
Comments