Manfaat Daun Ubi Jalar yang Jarang Diketahui
Bagikan Halaman Ini

Pernahkah anda mengonsumsi daun ubi jalar? Daun ini tentunya berasal dari tanaman umbi-umbian yang buahnya berwarna ungu, orange ataupun coklat yaitu ubi jalar.
Ubi jalar merupakan salah satu bahan pokok yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia pada jaman dahulu.
Ubi jalar dijadikan sebagai bahan pokok pengganti nasi karna memiliki kandungan karbohidrat yang di perlukan oleh tubuh.

Ternyata selain umbi ubi jalar, daun nya juga tak kalah manfaatnya bagi tubuh. Tidak banyak masyarakat Indonesia yang tau manfaat dari sayuran daun ubi jalar ini, walaupun sering mengonsumsi daun tersebut sebagai sayuran. Belakangan ini daun ubi jalar mendadak tenar, banyak berita yang beredar dimana daun ubi jalar ini mampu menaikkan jumlah trombosit pada pasien penderita demam berdarah (DBD). Masyarakat Filipina telah membuktikan manfaat dari rebusan daun ubi jalar ini mampu membantu penderita DBD untuk pulih lebih cepat. Di China, Pakistan dan India, rebusan ubi jalar digunakan untuk mengobati diare, sakit perut, mual dan demam.

Daun ubi jalar mengandung Serat, karbohidrat, protein, kalsium, dan zat besi. Selain itu, kandungan beta karoten dan luteinnya juga sangat baik untuk kesehatan mata. Sayuran ini juga memiliki kadar vitamin E, vitamin C, dan vitamin B1, B2, dan B6 yang cukup tinggi. Juga mengandung polifenol yang dapat mencegah penyakit jantung.
Hasil penelitian di Amerika menemukan daun ubi jalar merupakan sumber antioksidan, riboflavin, niasin, vitamin (A,B,C,E,K), tiamin, kalsium, zat besi, beta karoten, asam folat, dan protein.
Kandungan nutrisi dalam daun ubi jalar terbukti 3 kali lipat lebih besar dari sayuran hijau lainnya, 5 kali lipat jumlah vitamin C, dan juga riboflavin sebanyak 10 kali lipat.

Nah sekarang mari kita simak manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan kita:

1. Mengatasi masalah peradangan
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam daun ubi jalar, menjadikan daun ubi jalar ini kaya akan antioksidan yang membantu mengatasi masalah peradangan,
Beberapa masalah peradangan seperti radang sendi, asam urat, asma dan lainnya bisa diobati dengan menggunakan daun ubi jalar. Manfaat daun ubi jalar bisa meredakan gejala nyeri akibat peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung
Perhatikan daun ubi jalar yang berbentuk hati, seolah memberikan tanda bahwa ubi jalar berkaitan dengan kesehatan jantung. Daun ubi jalar memperlancar aliran darah di dalam pembuluh darah arteri dan vena. Juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah. Daun ubi jalar mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

3. Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan yang tinggi didalam daun ubi jalar mampu membantu untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Jika radikal bebas dapat di halau, maka sel-sel kulit tubuh akan terbebas dari stres oksidatif.

4. Mengatasi masalah pencernaan
Daun ubi jalar memiliki kandungan serat makanan yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan pencernaan manusia. Daun ubi jalar juga mampu mengatasi masalah sulit buang air besar ataupun konstipasi. Jika kita memiliki saluran pencernaan yang sehat, maka kita akan terhindar dari penyakit kanker usus.

5. Membantu kepadatan tulang
Vitamin K pada daun ubi jalar membantu meningkatkan kesehatan tulang. Asupan vitamin K yang tinggi dapat mencegah keropos tulang atau osteoporosis. Vitamin K penting untuk pertambahan kalsium saat pembentukan tulang.

6. Membantu pembekuan darah
Daun ubi jalar membantu proses pembekuan darah dengan didukung oleh 12  protein vitamin, salah satunya vitamin K. Vitamin K membantu pembekuan darah untuk memulihkan luka dan memar di kulit dengan cepat. Daun ubi jalar ini dapat membantu penderita hemofilia.

7. Mencegah kerusakan lensa mata
Daun ubi jalar mengandung dua zat penting untuk kesehatan mata. Zat tersebut adalah lutein dan xantin. Kedua zat ini adalah zat yang terdapat di dalam lensa mata yang mencegah terjadi nya kerusakan lensa mata. Mengonsumsi daun ubi jalar secara teratur dapat membantu agar kedua zat ini tetap ada di dalam lensa mata kita. Daun ubi jalar juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

8. Membuat kulit dan rambut lebih sehat
Daun ubi jalar juga membantu dalam pembentukan glikoprotein yang merupakan kombinasi dari protein dan gula yang berguna mengikat sel pembentukan jaringan lunak di kulit Anda. Daun umbi-umbian ini juga menghasilkan produksi kolagen yang membantu memberikan kau dan kilau sehat dan kuat pada rambut.

Untuk mengonsumsi daun ubi jalar, pilihlah daun yang segar dan masih muda. Cucilah dengan bersih, lalu dapat di olah sesuai dengan selera. Setelah di masak teksturnya mirip seperti sayur kangkung. Jangan memasak daun ubi jalar terlalu lama, karna selain akan merusak kandungan gizinya juga membuat daun tersebut terlalu lunak dan berlendir.

Selamat mencoba dan salam sehat selalu.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.